Vicky Lumentut Prihatin Dengar Keluhan Warga Terdampak Bencana

Vicky Lumentut Prihatin Dengar Keluhan Warga Terdampak Bencana

SULUTDAILY||Manado – PASCA terjadinya banjir dan tanah longsor di Kota Manado, Walikota DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA kembali mendatangi lokasi terdampak bencana di Kelurahan Bumi Nyiur, Kecamatan Wanea dan lokasi lainnya, Minggu (17/12/2017) siang hingga sore tadi.

Dalam pantauan tersebut, sejumlah warga mengeluhkan dahsyatnya banjir yang melanda pemukiman mereka yang terjadi Sabtu (16/12). Padahal tahun 2014 lalu, menurut warga banjir yang terjadi di tempat mereka tidak separah sekarang. “Banjir sekarang ini lebih parah dari tahun 2014 lalu. Yang lalu tinggi air hanya sebatas lutut orang dewasa, tapi kalau sekarang sudah mencapai satu meter bahkan lebih,” keluh warga. Menanggapi hal itu, Walikota GSVL meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Manado untuk melakukan kajian terkait penataan drainase di kawasan tersebut.

“Kami akan memperhatikan keluhan warga. Ini akan kita kaji dan lakukan evaluasi terkait dengan penataan saluran air atau drainase yang tengah dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum,” tukas Waikota GSVL, seraya memberikan arahan kepada Kepala Dinas PUPR Manado DR Peter KB Assa. Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di Manado itu meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado,

Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinsos-PM) untuk terus memberikan bantuan baik bantuan makanan siap saji maupun dapur umum serta bantuan kesehatan kepada warga korban bencana. “Saya sudah perintahkan kepada BPBD dan Dinas Sosial untuk memberikan bantuan makanan dan membangun dapur umum bagi korban banjir dan tanah longsor. Juga Dinas Kesehatan untuk menyiagakan tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan,” tandas Walikota GSVL.

Tampak mendampingi Walikota GSVL, Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Micler CS Lakat SH MH, Asisten III bidang Administrasi Umum Frans Mawitjere SH, Kadis Sosial Drs Sammy Kaouwan dan Kabag Pemerintahan Humas Steven Runtuwene SSos. Sebelumnya, Walikota GSVL melihat langsung jasad almarhumah Marchella Dumansulangi (5), warga Kelurahan Malendeng Lingkungan 1, Kecamatan Paal Dua, korban longsor dan hanyut yang ditemukan tim SAR (Search And Resque) di ruang pemulasaran jenazah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou, siang tadi.

Kemudian Walikota GSVL mendatangi rumah korban di Malendeng, kompleks perumahan dan Rumah Tahanan (Rutan) Malendeng. Dilokasi itu, Walikota GSVL bertemu dengan Danrem 131 Santiago Kolonel Inf Joseph Robert Giri dan Dandim 1309 Manado Letkol Inf Arif Harianto. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Manado, termasuk keluarga saya Keluarga Lumentut Runtuwene dan Wakil Walikota Keluarga Bastiaan Markus, saya menyampaikan turut berdukacita yang mendalam,” tandas Walikota GSVL.(bag.pemhum/jr).

TAGS
Share This