Tahapan Pilkada Minahasa, Resmi Dilaunching Ketua KPU RI

Tahapan Pilkada Minahasa, Resmi Dilaunching Ketua KPU RI

SULUTDAILY|| Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Arief Budiman secara resmi melaunching Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Minahasa sekaligus sebagai simbolisasi pelaksanaan pilkada serentak Tahun 2018 secara serentak di Indonesia, (15/9/2017) di Wale Ne Tou Minahasa.

Momentum yang berlangsung semarak, aman, tertib dan sukses ini diawali dengan sambutan oleh Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon dan laporan singkat Ketua Panitia Launching Pilkada Minahasa Kristoforus Ngantung. Apalagi, kegiatan ini diwarnai dengan pementasan drama mengenai gambaran Pilkada dengan sutradara Ken Oroh.

“Cikal Bakal Demokrasi Indonesia berawal dari Kabupaten Minahasa, sebab masyarakat Minahasa sejak lama mengenal sistim demokrasi, seperti ditanamkan seorang DR Sam Ratulangi dalam mengawali dibentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) bersama para pendiri Bangsa Indonesia,” ungkap Tinangon.

Disampaikan pula ungkapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Kabupaten Minahasa yang diberikan kepada KPU Minahasa, sehingga boleh melaksanakan semua rangkaian kegiatan hingga launching Pilkada Minahasa ini.

Dalam kesempatan melaunching tahapan pilkada tersebut, Ketua KPU RI Arief Budiman mengatakan pementasan drama cerminan pelaksanaan pilkada yang dimainkan adalah gambaran karakter Pemilu di Indonesia dan ditampilkan dengan luar biasa, serta memukau sebagai bagian instropeksi diri anak bangsa.

“Penampilan drama ini sebagai simbolisasi pesta demokrasi dapat menjadikan pelaksanaan pilkada yang kredibel, akuntabel dan berkualitas. Drama itupun boleh dijadikan jingle di KPU RI nantinya, karena memberikan ajakan bersikap positif pada proses demokrasi demi menjunjung tinggi nilai persatuan demi Indonesia,” kata Budiman.

Dijelaskan pula dunia internasional sudah banyak melihat kualitas Pilkada di Indonesia. Sehingga Indonesia Indonesia menjadi tujuan belajar pelaksanaan proses demokrasi berbagai negara lainnya di dunia serta diundang dalam kegiatan-kegiatan internasional untuk memaparkan sistim pelaksanaan pilkada.

“Dalam pelaksanaan tahun 2017 dan 2018 pilkada serentak yang melibatkan hampir 70 persen total pemilih di Indonesia, KPU bertanggung jawab dan wajib mampu menjadi penyelenggara yang kredibel dan akuntabel. Jadi mari kita sama-sama sukseskan Pilkada serentak 2018 nanti. Berbeda boleh-boleh saja, asalkan kedepankan demokrasi. Yang terpenting adalah memilih pemimpin yang benar-benar berkualitas,” harap Budiman.

Turut hadir pada launching tersebut, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Hasyim Ashari, Ketua KPU Sulut Yessy Momongan bersama komisioner, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, unsur Forkompimda Minahasa dan Pimpinan Partai Politik Kabupaten Minahasa. (davyt)

TAGS
Share This