Penanganan Covid-19 Ketat di Minut, Bupati JG Target Zona Hijau

Penanganan Covid-19 Ketat di Minut, Bupati JG Target Zona Hijau

SULUTDAILY|| Minut- Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara tetap waspada dan semakin ketat dalam penanganan Covid-19, apalagi mengantisipasi aktivitas mudik sesudah Hari Raya Idul Fitri.

” Saat ini, hanya Kecamatan Airmadidi yang masuk kategori zona kuning. Kecamatan lain sudah masuk zona hijau. Pemkab berharap semua wilayah di Minut berada pada zona hijau,” kata Bupati Minut Joune Ganda didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung kepada sejumlah wartawan Rabu, (19/05/2021).

Bupati JG menjelaskan, kategori zona ini memang dievaluasi Satgas Covid-19 setiap minggunya. ” Untuk itu, kita tidak boleh lengah dan tetap melakukan protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati JG dan Wabup KWL bersama bersama Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Kepala Daerah se-Provinsi Sulut dan Forkompimda se-Provinsi Sulut menghadiri Kegiatan Pengarahan Presiden kepada Kepala Daerah bersama Forkopimda Seluruh Indonesia di Ruang Mapalus Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara , Senin (17/05/2021).

“Dalam pengarahannya, Presiden Jokowi mengingatkan tentang dua hal yakni terkait penanganan Covid-19 dan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Bupati JG.

Menurut Presiden Jokowi, target ekonomi nasional ini didapat dari agregat kumpulan pertumbuhan ekonomi yang ada di provinsi, kabupaten, dan kota. Jadi, seluruh gubernur, bupati, dan wali kota memiliki tanggung jawab yang sama dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Implementasi dari arahan Presiden Jokowi ini, Pemkab Minut telah melakukan beberapa hal, yakni memperpanjang pos pengamanan yang bekerjasama dengan stakeholder yang terkait hingga 24 Mei mendatang yang harusnya sudah berakhir 17 Mei untuk mengantisipasi pergerakan orang dan pengendalian Covid-19.

” Untuk percepatan ekonomi, Pemkab sudah mengakselerasi belanja pemerintah. Juga telah mengakselerasi pencairan dana Desa,” katanya sambil menginformasikan saat ini sudah 32 desa yang cair, selanjutnya menyusul 72 Desa yang sedang membereskan semua administrasi untuk kelayakan pencarian.

Bupati JG berharap jika Minut berada pada Zona Hijau, maka ekonomi akan bergerak . ” Saya menghimbau kepada warga Minut untuk tetap menggunakan masker, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan menghindari kerumunan,” tutupnya.( Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This