Dr Liando: 3 Sebab PNS Berambisi Dapatkan Jabatan

Dr Liando: 3 Sebab PNS Berambisi Dapatkan Jabatan

SULUTDAILY|| Manado- Pengamat Politik Dr Ferry Daud Liando menyatakan bahwa mengapa PNS  berambisi untuk mendapatkan jabatan? Sehingga banyak yang menyampaikan kekesalan mereka baik di facebook(fb) sampai teror atau mengancam atasan. ”Saya mencatat 3 sebab,”Ketua Senat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sam Ratuangi (Unsrat) Manado ini.

Pertama,baik Pemprov Sulut maupun Pemerintah Kabupaten kota telah memanjakan PNS dengan tunjangan yang sangat tinggi. Sepertinya tunjangan jauh melebihi nilai dari yang dikerjakan. ”Minahasa misalnya menyediakan 80 M untuk TKD. Angka itu masih kecil dibanding daerah lain termasuk Pemprov. Belum lagi dengan fasilitas seperti kendaraan Dinas dan SPPD,” kata Dr Ferry

Kedua, PNS kerap punya image bahwa jabatan itu adalah hadiah. Simak respon para pejabat baru di Fb. Postingan2 itu berisi sebuah kebanggaan yg luar biasa. PNS seperti ini sepertinya memiliki prinsip bahwa tujuan PNS adalah utk mendapatkan jabatan. Padahal fungsi jabatan adalah soal tanggung jawab dan setiap jabatan itu adalah sarana untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat bukan sekedar menjadi sebuah kebanggaan. ”Model PNS seperti ini cenderung meraih jabatan hanya sekedar untuk status sosial,” ujarnya

Ketiga, PNS merasa adalah bagian dari proses politik. Saat kampanye, mereka adalah bagian dari tim pemengan calon. Keterlibatan mereka, bukan karena diajak. Tetapi ada keinginan untuk mendapatkan sesuatu yaitu jabatan. ”Mereka mengorbankan waktu dan tenaga bahkan ada yang mengorbankan uang agar calon yang dibelanya itu menang. Namun kekecewaan yang luar biasa ia terima karena ‘jasanya’ tidak mendapat respon. Sementara teman teman seperjuangannya telah mendapatkan tempat,” jelas Liando.

Sebelumnya Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw mengaku bahwa  dirinya melalui sms dan WA sempat menerima ancaman dan teror melalui sms pasca mutasi pejabat pada Jumat (13/01/2017) lalu.”Sampai mengancam saya akan dibunuh,”kata Wagub. (Jr)

TAGS
Share This