Pusat Hibahkan Alat Berat ke Bitung

Pusat Hibahkan Alat Berat ke Bitung

SULUTDAILY||Bitung – Lobi dan perjuangan yang tak henti-hentinya dilakukan Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban agar pemerintah pusat memberikan bantuan terkait program Penyehatan Lingkungan Permukiman akhirnya membuahkan hasil. Dimana Selasa (30/8/2016),  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menghibahkan empat unit alat berat ke Pemerintah Kota Bitung.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Satker PLP Strategis Kementrian PU PR Raymond Kondoati, ST, M.Si selaku PPK 1 Satker PSPLP Provinsi Sulawesi Utara kepada Lomban didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri dan Plh Setda Kota Bitung Malton Andalangi di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung.
Dalam kesempatan itu, Lomban pun berterima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang segera merealisasikan proposal usulan permohonan bantuan alat-alat berat dan kendaran, “kedepannya  bantuan ini khusus untuk program sanitasi perkotaan, pembangunan saluran perkotaan, dan pembangunan IPAL terpadu di kota Bitung” jelas Lomban di dampingi Kadis PU kota Bitung Rudy Teno.
Lanjutnya lagi upaya tersebut  dimulai sejak bulan Maret tahun 2016 dimana dirinya bersama beberapa pejabat terkait melakuan kunjungan ke kantor Satker PLP Strategis untuk mengajukan proposal usulan program di bidang Cipta Karya khususnya Penyehatan Lingkungan Permukiman,
“kemudian nanti pada tanggal 13-15 Juli pertemuan kembali dilakukan dengan Kasatker PLP strategis Ir. Bustami, MM yang membicarakan perjanjian kerja sama tentang pemanfaatan dan pengelolaan barang milik daerah.” ujar Lomban sembari menjelaskan perjanjian kerja sama tersebut nantinya menjadi dokumen yang tak terpisahkan dalam pemberian hibah dari Kementrian PU dan Perumahan Rakyat.
Lomban pun menambahkan bahwa bantuan yang telah direalisasikan saat ini nantinya akan sangat membantu pemerintah kota Bitung dalam mensukseskan berbagai program, khususnya dalam mewujudkan kota Bitung yang bersih di atas tanah, bersih di bawah tanah dan bersih di udara,”kedepan nanti masih akan ada bantuan dari Pemerintah Pusat yang sementara di perjuangkan oleh Pemerintah Kota Bitung, yang dalam waktu yang tidak lama lagi akan segera direalisasikan” pungkasnya.
Adapun bantuan yang diterima berupa 1 unit Komatsu Excavator PC 200, 1 unit Komatsu Bulldozer D85ESS, 1 unit Hino 300 DUTRO 130 HD 6,4 Truk Tinja PS, dan 1 unit Isuzu Dump Truck 6M3, dimana total hibah tersebut berjumlah Rp.6.152.773.200. (TH)

TAGS
Share This