Jemmy Mokolensang Setuju Tes Integritas dan Kejujuran Caleg

Jemmy Mokolensang Setuju Tes Integritas dan Kejujuran Caleg

SULUT DAILY|| Manado- Calon Legislatif (Caleg)  DPR RI nomor urut 4 PDI Perjuangan Dapil Sulawesi Utara, Jemmy Mokolensang SH mengatakan setuju dengan keinginan KPK untuk melakukan tes integritas dan kejujuran kepada para Caleg yang akan bertarung di Pileg 2014 nanti. ‘’ Saya sangat setuju di test integritas supaya  Caleg yang nanti terpilih  jelas siapa dan apa latarbelakangnya, termasuk financenya  berasal dari mana,’’ kata Mokolensang yang akrap disapa JeMo ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Adnan Pandu Praja telah mengingatkan pentingnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk turut berkontribusi dalam menciptakan parlemen agar tidak diisi wakil rakyat yang korupsi.    “Sebagai produk dari pemilu yang diselenggarakan KPU, jika sistem pemilu tidak berjalan baik, maka akan memunculkan anggota DPR yang korupsi,” ujar Adnan Pandu Praja dalam kuliah umum di gedung KPU, Jakarta, Senin (16/09/2013)

Adnan mengakui, DPR merupakan lembaga kedua yang dianggap memiliki catatan panjang menyangkut tindak korupsi, setelah Kepolisian RI yang menempati urutan pertama.   Bahkan, dia mengungkapkan, untuk kawasan ASEAN, parlemen di Indonesia juga dianggap sebagai lembaga legislatif yang paling korupsi dibanding negara lainnya. “Parlemen kita ini paling kreatif sebagai lembaga paling korup di negara Asia Tenggara,” ujarnya.

Karena itulah,  KPU selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilu harus mampu menunjukkan kinerja yang maksimal dalam menjalankan sistem pemilu di Indonesia. Tak hanya mencegah anggota DPR yang korupsi, Adnan mengatakan, KPU juga harus dapat mewujudkan hadirnya pemimpin bangsa ini yang memiliki integritas.   Adnan berpendapat, salah satunya dengan memberlakukan tes kejujuran terhadap calon anggota legislatif (caleg) maupun calon presiden.

Menurut dia, langkah tersebut dapat mengurangi potensi lahirnya anggota parlemen maupun pemimpin bangsa ini yang korupsi. Selain mendorong terlaksananya sistem pemilu yang jujur dana adil, Adnan menilai, perlunya peningkatan kesadaran masyarakat untuk melaporkan peserta pemilu yang diduga melakukan politik uang dalam penyelenggaraan pemilu.   “Harus dibangun kesadaran, baik itu sebagai pemilih maupun sebagai pihak yang dipilih, agar melaporkan politik uang supaya terwujud pemilu yang bersih dan berkualitas,” ujarnya.(sk/JbR)

Jemmy Mokolensang Setuju Tes Integritas dan Kejujuran Caleg

TAGS
Share This