Dukungan Masyarakat Sipil Sulut Tuntaskan Kasus Munir

Dukungan Masyarakat Sipil Sulut Tuntaskan Kasus Munir

SULUTDAILY|| Manado- Penyelesaian kasus Munir menjadi perhatian serius bagi sejumlah elemen masyarakat dan aktivis di Sulawesi Utara.  Mereka meminta pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla menemukan dan segera mengungkapkan kepada publik dokumen resmi laporan TPF kasus pembunuhan aktivis HAM Munir tersebut. Terbilang 9 lembaga bersama dengan Suciwati Istri almarhum Munir Kamis (27/10/2016) menggelar jumpa pers di Kantor AJI Manado.

Lembaga Adat Minahasa dr Bert Supit, Yayasan Dian Rakyat Indonesia (YDRI), Komunitas Budaya Thionghoa Sulut Sofian Jimmy Yosadi SH, Aliansi Adat Nusantara Nadine Helena Sulu, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Manado, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado Yosep Ikanubun, Yayasan Suara Nurani Minaesa Jull Takaliuang, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulut Theo Runtuwene dan Swara Parangpuan Sitti Nurlaily Djenaan secara bersama memberikan dukungan kepada Suciwati dan KontraS untuk untuk terus memperjuangkan penyelesaian kasus Munir.

‘’ Atas nama masyarakat Sipil Sulawesi Utara, kami mendesak Presiden RI Joko Widodo untuk segera membuka dan mengumumkan kepada publik dokumen penyelidikan Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir. Mengingat, kelanjutan proses hukum pengungkapan kasus Munir sangat bergantung pada dokumen tersebut. Tanpa sikap keterbukaan pemerintah justru memunculkan kekuatiran bahwa terdapat sejumlah fakta yang akan ditutupi dalam hasil TPF,’’ baca dr Supit saat jumpa pers bersama wartawan di Manado.

Pada kesempatan tersebut, Suciwati mengucapkan terima kasih kepada warga Sulawesi Utara yang tetap mendukung dirinya bersama para pejuang terungkapnya kasus Munir. ‘’Kami berencana akan menggalang dukungan ke daerah dan Saya memilih Sulawesi Utara sebagai tempat pertama yang kami datangi. Saya tambah semangat untuk berjuang meliat  LSM dan jurnalis di Sulut yang antusias memberikan dukungan,’’ kata  Suciwati.

Jumpa pers ‘ Desakan Membuka Dokumen Hasil TPF Kasus Munir Segera!’ di warnai dengan aksi tandatangan sejumlah lembaga dan jurnalis di poscard Munir. Agenda besok Jumat (28/10/2016), Suciwati bersama KontraS akan menggelar dialog di Rumah Kopi K8 Sario Manado mulai jam 12.00 wita. (Jr)

TAGS
Share This