Immunisasi dan Kesehatan Anak Terancam, Dinkes Bitung Kerja Setengah-Setengah

Immunisasi dan Kesehatan Anak Terancam, Dinkes Bitung Kerja Setengah-Setengah

Foto - Ilustrasi Immunisasi

SULUTDAILY||Bitung-Dampak Covid-19 di Bitung semakin terasa, pasalnya bukan hanya perekonomian yang turun, kesehatan dan immunisasi anak pun terancam, karena sudah dua bulan ini immunisasi tidak berjalan.

Kepala Dinas Kesehatan kota Bitung, dr. Jeaneste Watuna pada pemeberitaan sebelumnya pada tanggal 07 April 2020 menjelaskan bahwa immunisasi akan segera dilakukan pada bulan April ini.

“Memang immunisasi pada bulan Maret sempat tertunda karena himbauan pemerintah untuk melakukan social diatancing (tetap berada di dalam rumah) dan physical distancing (jaga jarak). Tetapi immunisasi akan dilaksanakan pada bulan ini (April). Jadi juru immunisasi (Jurim) akan mengumpulkan 5 balita di satu tempat untuk melakukan immunisasi,” jelas Watuna pada waktu itu.

Salah satu warga kelurahan Girian Atas yang namanya tidak mau di publikasikan mengaku merasa khawatir akan pertumbuhan anaknya jika tidak ada immunisasi,

“Immunisasi di Puskesdes Girian Atas terjadwal setiap tanggal 16, dan di Puskesmas Girian Weru Dua setiap tanggal 23, ini sudah lewat dan takutnya akan berpengaruh pada anak saya dan anak-anak yang lain, jika terjadi sesuatu apakah ini yang dinamakan dengan kota layak anak dan kota sehat?,” jelasnya.

Dia (sumber) juga mempertanyakan kinerja dari Dinas Kesehatan Bitung, kenapa belum juga menurunkan tim Jurim untuk melakukan immunisasi,

“Saya juga paham akan dampak dari covid-19 ini, akan tetapi pihak Dinkes tentunya tetap harus melakukan immunisasi terhadap anak-anak, jangan kerja setengah-setengah, terhindar dari covid-19 tapi anak kami menderita penyakit lain akibat immunisasi yang tidak lengkap,” jelas sumber, Sabtu (25/04/2020).

Kepala Dinas Kesehatan saat dikonfirmasi wartawan pada hari Sabtu (25/04/2020) terkait dengan keluhan warga mengaku, Jurim sudah berjalan untuk melakukan immunisasi,

“Jurim sudah berjalan melakukan immunisasi, namun saya akan segera melakukan evaluasi terhadap mereka jika benar belum melaksanakan immunisasi,” singkat Watuna.

(romo)

CATEGORIES
TAGS
Share This