Walikota Caroll Ikuti Rakor Pengawasan Kemendagri, KPK dan BPKP

Walikota Caroll Ikuti Rakor Pengawasan Kemendagri, KPK dan BPKP

SULUTDAILY|| Tomohon – Walikota Tomohon Caroll JA Senduk SH mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Nasional (Rakorwasdanas), dirangkaikan dengan Launching Pengelolaan Bersama Monitoring Centre for Prevention (MCP) Pencegahan Korupsi oleh Kemendagri RI, KPK RI dan BPKP RI, (31/8/2021) melalui zoom dari Ruang Tamu Walikota Tomohon.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri RI Tito Karnavian juga me-launching Aplikasi Sistem Infomasi Pengawasan Inspektorat Jenderal (SIWASIAT) sebagai sistem informasi pengawasan yang dibangun oleh Inspektorat Jenderal Kemendagri untuk memenuhi kebutuhan pengawasan di era digitalisasi pemerintahan.

Ketua KPK RI Firli Bahuri berharap MCP yang telah dikembangkan secara berkala dapat menjadi tolak ukur baru untuk menilai keberhasilan tata kelola pemerintahan daerah. “Ada delapan area intervensi MCP, yakni perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, perizinan, pengawasan APIP, manajemen ASN, optimalisasi pajak daerah, manajemen aset daerah, dan tata kelola keuangan desa/kelurahan,” ujar Firli.

Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh sependapat bahwa pengendalian korupsi menjadi penting terlebih di masa darurat pandemi COVID-19, kolaborasi pengawasan antara Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Aparat Penegak Hukum (APH) harus dilakukan sejak awal. (davyt)

CATEGORIES
Share This