UNIMA Sosialisasikan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

UNIMA Sosialisasikan Pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN

SULUTDAILY||Sulut-Universitas Negeri Manado (UNIMA) laksanakan giat sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), di 15 Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara (Sulut), pada hari Rabu (23/01/2019).

Untuk mensosialisasikan SNMPTM dan SBMPTN ini, Rektor UNIMA Prof., Dr. Julyeta Paulina Amelia Runtuwene. MS, mengutus 15 tim, setiap masing-masing daerah 1 tim untuk menjelaskan proses pengisian PDSS.

“Sosialisasi ini serentak dilakukan di 15 Kabupaten/kota yang ada di Sulut dengan mengutus 1 tim tiap daerah untuk menjelaskan proses pengisian PDSS, Pendaftaran SNMPTN dan UNBK SBMPTN dihadapan Kepala Sekolah, operator Sekolah serta perwakilan siswa dari SMA/MA/SMK/MAK.” jelas Runtuwene.

“Selain menjelaskan proses pendaftaran, UNIMA juga memberikan brosur dalam bentuk cetak serta spanduk kepada masing-masing Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan sekolah sebagai pendukung dan penjelas informasi SNMPTN-SBMPTN 2019,” sambung Runtuwene.

Namun sebelum Tim Sosialisasi SNMPTN diberangkatkan, panitia PTN sudah melakukan rapat penyamaan persepsi terkait sosialisasi SNMPTN.

“Sebelumnya kami sudah melaksanakan rapat yang diselenggarakan oleh panitia PTN, rapat ini dihadiri oleh Ketua Panitia SNMPTN-SBMPTN UNIMA yang juga selaku PR I Unima Prof. Dr. D A Katuuk, M.Pd dan koordinator-koordinator tim tiap Kabupaten/Kota untuk menyamakan persepsi.” ungkapnya.

Kami juga pihak UNIMA telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Utara dan Sekolah-sekolah sasaran untuk dilaksanakannya sosialisasi. Tim Sosialisasi SNMPTN-SBMPTN UNIMA akan menjelaskan dengan detail berkaitan semua proses pendaftaran pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN hingga tuntas proses pendaftarannya.

“Tim ini memaparkan dengan lugas informasi SNMPTN-SBMPTN Tahun 2019 ini kepada semua kepala sekolah, operator sekolah dan perwakilan siswa SMA/MA/SMK/MAK dengan jelas. Jika di masing-masing daerah ada masalah atau ada permasalahan yang tidak mampu dijawab agar segera berkordinasi dengan kita di kampus,” jelas Rektor.

Irwany Maki selaku humas UNIMA juga menambahkan bahwa, jika pihak sekolah mengalami permasalahan terkait dengan lupa pasword dan user ID untuk login PDSS dan masalah NPSN serta NISN bisa kontak helpdesk (halo SNMPTN dan call center SNMPTN 0804-1-450-450 atau (021) 3104041.

“Kalau nantinya pihak sekolah mendapat kendala, bisa langsung menghubungi kami pada nomor kontak yang sudah tertera. Dan jika ingin mengetahui lebih lajut tentang informasi terkait SNMPTN juga bisa dilihat dalam laman www.snmptn.ac.id dan www.unima.ac.id.” imbunya.

Saya berharap agar para tim yang akan diutus melakukan sosialisasi ketiap daerah yang sudah ditentukan untuk bisa memberikan dorongan dan motivasi kepada kepala sekolah dan eporator sekolah agar tidak mengisikan data PDSS diakhir masa-masa jadwal pada 25 Januari 2019, begitu juga siswa mendaftar SNMPTN-SBMPTN juga diakhir-akhir masa pendaftaran, karena akan terjadi masalah jaringan yang membuat bisa tidak tuntas proses pendaftarannya.

“Perlu kita tekankan pada saat sosialisasi nanti agar kepala sekolah, operator dan siswa paham bahwa tahun ini SBMPTN tidak lagi menggunakan tes berbasis paper, akan tetapi sudah full berbasis UTBK. Semoga kita semua sukses dan aman dalam mensosialisasikan informasi SNMPTN-SBMPTN 2019 ini di masing-masing lokasi,” tutup Maki.

(romo/humas unima)

CATEGORIES
Share This