Tersisa 21 Kasus, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Minahasa Capai 93  Persen.

Tersisa 21 Kasus, Angka Kesembuhan Pasien Covid-19 di Minahasa Capai 93  Persen.

Kabar baik bagi warga Minahasa. Di penghujung bulan September 2020, jumlah kasus pasien virus corona (Covid-19) yang dirawat mengalami penurunan secara drastis.

Menurut data di situs resmi Covid-19 milik Pemkab Minahasa, corona.minahasa.co.id data pasien yang dirawat pada awal September mencapai 75 kasus berasal di hampir seluruh wilayah kecamatan di Minahasa.

Semuanya dirawat di rumah sakit rujukan Covid -19 baik di Manado dan Tondano.

Pada 30 September 2020, meski secara kumulatif angka positif bertambah menjadi 508 kasus, jumlah pasien Covid-19 tersisa 3,9 persen atau tersisa 21 orang. Sebanyak 468 kasus atau 93 persen sudah dinyatakan sembuh dan meninggal 19 kasus atau hanya 3,1 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr. Maya Rambitan M.Kes menyebut ke 21 orang yang masih positif tersebut sebagian dirawat dan lainnya sedang isolasi mandiri di rumah

“Ada yang (isolasi mandiri) di rumah dan ada yang di rumah sakit,” singkat Rambitan kepada sulutdaily.com Rabu (30/9).

Selain tingginya angka kesembuhan, peran aktif masyarakat dalam mengikuti protokol kesehatan juga menjadi indikator turunnya angka pasien Covid-19 di Minahasa.

Meski demikian, potensi penyebaran virus corona terus diwaspadai Pemkab Minahasa. Gerakan 3M seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak terus disosialisasikan Bupati Roy Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey kepada masyarakat dalam setiap kegiatan.

Bahkan Pemerintah Kabupaten Minahasa telah mengeluarkan Peraturan Bupati Minahasa No 34 Tahun 2020 yang merupakan tindak lanjut dari Inpres No.6 Tahun 2020, yang di dalamnya memuat sanksi bagi yang melanggar Prosedur Tetap atau Protap Covid-19. (monchi)

CATEGORIES
Share This