Rubrik Sehat: DAMPAK KEHAMILAN USIA DINI

Rubrik Sehat: DAMPAK KEHAMILAN USIA DINI

Seiring berkembangnya waktu di jaman sekarang ini tidak sedikit remaja putri yang hamil di usia dini/remaja. Kehamilan di usia dini kini mulai populer di kalangan anak muda. Nampaknya sekarang ini banyak anak remaja yang salah bergaul sehingga terjerumus dalam pergaulan bebas, pemakaian obat-obatan terlarang, kecanduan alkohol yang dapat memicu timbulnya perilaku menyimpang karena emosi yang tidak terkontrol, sehingga bisa berdampak pada seks bebas dan kehamilan di usia dini.

Masih banyak faktor lainya yang mempengaruhi terjadinya kehamilan di usia dini di antaranya faktor kemiskinan. Dimana kurangnya penghasilan dan sulitnya mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Faktor lainnya juga yaitu kurangnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dan kurangnya pengetahuan tentang bahaya dan dampak buruk yang akan terjadi dari kehamilan di usia dini. Faktor lingkungan juga dapat berpengaruh dimana perilaku dan kebiasaan yang buruk bisa berpengaruh pada kesehatan mental anak remaja.

Kurangnya perhatian orangtua juga sangat berpengaruh pada perilaku anak, banyak orang tua sekarang ini yang sibuk dengan pekerjaan dan masa bodoh dengan pergaulan anaknya. Dan masih banyak lagi faktor-faktor yg mempengaruhi terjadinya kehamilan di usia dini.

Masih banyak anak remaja yang masih belum tahu akan dampak kehamilan di usia dini yang dapat merusak masa depan mereka. Bukan hanya itu mereka juga tidak mengetahui bahaya yang mengintai kesehatannya dimana system reproduksi secara fisik belum siap. Untuk itu mari kita bahas satu persatu dampak dan bahaya apa saja yang bisa terjadi jika hamil di usia yang di katakana belum matang atau usia dini.

*MUDAH TERJADI INFEKSI
Ibu hamil mudah terjadi infeksi pada kehamilan jika tidak di jaga dengan baik. Aplagi kehamilan yang terjadi di usia dini yang bisa memicu timbulnya stress yang dapat mempengaruhi system imun ibu hamil sehingga memudahkan terjadinya infeksi virus atau infeksi bakteri. Asupan yang kurang untuk ibu dan janin berdampak pada gizi buruk selama kehamilan sehinggah mudah terjadi infeksi selama kehamilan.

*ANEMIA
Di usia remaja masih di katakana usia pertumbuhan, dimana memerlukan asupan gizi yang seimbang untuk pertumbuhan yang optimal. Kehamilan di usia pertumbuhan dapat memicu terjadinya anemia kurangnya zat besi karna asupan gizi yang tidak seimbang untuk pertumbuhan ibu dan pertumbuhan janin.

*PREKLAMSI
Kenaikan tekanan darah tinggi yang tidak terkontol dan tingginya kadar protein dalam urine atau yang biasa kita kenal dengan sebutan preklamsi pada kehamilan. Preklamsi pada kehamilan lebih rentan pada kehamilan yang terjadi di usia dini. Dimana seorang ibu yang masih minim pengetahuan tentang perawatan prenatal serta asupan yang harus di penuhi selama kehamilan. Resiko kelahiran premature dan berat badan bayi rendah
Lahir secara premature beresiko berat badan bayi lahir rendah, di katakana berat badan lahir rendah jika berat badan bayi lahir di bawa 2500 gram. Pada kehamilan usia dini beresiko lahir secara premature karena kesiapan ibu yang belum siap secara fisik dapat memicu terjadi stress pada ibu hingga kelahiran premature. Bayi lahir secara premature memiliki berat badan rendah karna perkembangan di dalam ibu belum optimal sehingga bayi lahir dengan berat badan rendah.

*KEGUGURAN
Gugur kandungan atau keguguran sangatlah di harapkan bagi anak-anak remaja yang hamil di usia dini. Dengan segala cara ingin di lakukan untuk menghindari kehamilan yang tidak di inginkan. Maka tak jarang anak remaja yang hamil di usia dini melakukan segalah cara agar kandungannya bisa di gugurkan. Bahkan ada banyak remaja pergi ke dukun untuk menggugurkan kandungan. Karna peralatan yang di gunakan tidak steril dan bukan di lakukan oleh tenaga medis maka banyak pula yang meninggal di tangan dukun.

*KEMATIAN IBU DAN JANIN
Kematian ibu dan janin juga banyak terjadi di kehamilan usia dini, karna organ reproduksi yang blom siap secara matang serta faktor panggul ibu yang masih terlalu kecil untuk proses melahirkana, perdarahan saat proses melahirkan dan masih banyak lagi faktor yang dapat mengakibatkan kematian ibu serta janin.

*DAMPAK PADA KESEHATAN MENTAL
Kehamilan di usia dini/remaja pasti berdampak pada Kesehatan mental ibu. Pastinya kehamilan di usia dini akan mengalami tekanan dari berbagai pihak misalnya dari keluarga karna merasa itu sebagai aib, tekanan dri lingkungan sekitar dari tetangga, dan teman-teman di sekolah.

Untuk itu kawula muda apalah arti gaul kalau itu dapat membahayakan kita, merusak masa depan kita. Karna penyesalan itu selalu di belakang, baiknya kita lebih memberi diri pada kegiatan kegiatan positif seperti kegiatan keagamaan, lebih memberi diri pada minat dan bakat kita, karna berprestasi di masa muda lebih keren daripada gaul yang berujung pada kehidupan yang suram. Salam Sehat..

(Penulis: Virgitta Nokiavisa Rampengan S.Kep)
*Mahasiswa Magister Kesehatan Masyarakat STIKES Indonesia Maju

CATEGORIES
Share This