Prestasi Melampaui Target, Sulut Bersinar di PON XX Papua

Prestasi Melampaui Target, Sulut Bersinar di PON XX Papua

SULUTDAILY|| Manado-Perjuangan, doa dan kerja keras telah berbuah hasil yang membanggakan Warga Sulawesi Utara. Peringkat 23 di Pekan Olahraga Nasional(PON) XX Papua tahun 2021 dengan 4 emas, 6 perak dan 11 perunggu adalah torehan gemilang melampaui target yang di persembahkan para atlet negeri nyiur melambai.

Gubernur OD menyambut atlet Cabor Muaythai di Bandara

Kemenangan ini, adalah anugerah Tuhan yang Maha Kuasa yang patut disyukuri. Prestasi PON XX Papua membuat Pemerintah dan warga Sulut berbangga dan bersukacita. Torang bisa dan Terbukti!

Kemenangan gemilang ini, tentu tak lepas dari persiapan matang para atlet yang dipersiapkan oleh para pelatih dengan latihan yang ketat, tertib dan teratur. Tak terkecuali mengasah mental sportifitas menghadapi pertandingan.

Ketum KONI Sulut, Drs Steven OE Kandouw bersama
 Juan Abas peraih Medali Emas Cabor Tinju

Semangat membara, mendorong daya juang termotivasi untuk satu kata yakni menang ketika Pemerintah Provinsi Sulut memberikan perhatian penuh terhadap event olahraga bergensi ini.

Gubernur Olly Dondokambey didampingi Wakil Gubernur Steven O.E Kandouw melepas secara resmi Kontingen Sulut menuju (PON) XX Papua di Wisma Negara Bumi Beringin Manado, Selasa (21/09/2021). Gubernur OD juga menghadiri langsung pembukaan PON oleh Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, stadion terbaik Asia Pacifik.

Gubernur OD dan Ketua KONI Sulut Steven Kandouw saat melepas atlet ke PON XX Papua

Saat pembukaan PON yang spektakuler tersebut Presiden Joko Widodo mengungkapkan bangga membuka PON XX. PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua.

“PON ini menunjukkan kemajuan papua. Kesiapan infrastruktur dan masyarakat Papua untuk berprestasi di kancah nasional bahkan internasional,” tutur Presiden.

Presiden Jokowi menekankan, PON ini memiliki makna besar bagi masyarakat Indonesia yaitu sebagai panggung persatuan, kebersamaan, persaudaraan, kesetaraan serta keadilan untuk maju dan sejahtera bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita rayakan PON ini dengan penuh sukacita, menjunjung tinggi sportivitas, mempererat tali persaudaraan, kebersamaan, kesetaraan serta persatuan dan kesatuan bangsa,” ajak Presiden.

Di Papua, Gubernur OD disambut hangat oleh orang Manado di Papua dan mengikuti acara pembukaan bersama Wagub Steven O.E Kandouw selaku Ketua KONI Sulut dan Pengurus, Pejabat terkait. OD didaulat menggunakan topi khas Papua saat keluar dari bandara

Kehadiran Gubernur OD di Jayapura, tempat PON XX Papua 2021 berlangsung, menjadi motivasi kuat dan pemantik semangat dari para Atlet untuk meraih prestasi.

Capaian prestasi para atlet tentu tak lepas dari kerja keras semua pihak termasuk pengurus KONI Sulut. Ketum KONI Sulut Steven Kandouw yang juga selaku Wakil Gubernur Sulut memberikan apresiasi yang tinggi atas prestasi tim Sulut.

“Prestasi ini memberikan motivasi, harapan pada kita Sulawesi Utara, bahwa olahraga menjadi alat pemersatu, kedua beprestasi dan mengangkat harkat Sulawesi Utara di mata nasional bahkan internasional,” ujar Kandouw.

Ketua Harian KONI Sulut Theo Kawatu dan Sekretaris Tonny Kulit

Selain itu, Ketua Harian KONI Sulut, Kol. Inf. Theo Kawatu SIP, Sekretaris Umum Tonny Kullit, Bendahara Umum Alvi Taulu dan Ketua Kontingen Marsma TNI Satriyo Utomo, bahkan sejumlah pejabat Pemprov terkait pun mendatangi tempat pelaksanaan, termasuk pers yang gencar melakukan pemberitaan dan semua yang terlibat untuk mengawal prestasi atlet kebanggaan Sulut.

Salut kepada masyarakat Sulut di Papua dan sekitarnya, yang tak segan-segan mengambil bagian, menjamu, melayani dengan penuh kehangatan, bahkan di saat bertanding menjadi suporter setia. Itulah warga Papua asal Sulut yang Hebat! dan luar biasa.

Perolehan medali emas pertama membuat takjub, disusul medali emas ke dua untuk Cabang Olahraga (Cabor) Muaythai. Semakin lengkap ketika Cabor Tinju mempersembahkan 2 medali emas. 4 medali emaspun jadi milik Sulut.

Janji hadiah bagi atlet berprestasi merupakan apresiasi dan penyemangat bagi para atlet yang berhasil meraih prestasi, mendulang Medali. Mereka telah berjuang untuk mengharumkan nama Sulawesi Utara dibidang Olahraga. ” Sangat pantas jika mereka menerima berbagai apresiasi, perlakuan istimewa, termasuk pemberian bonus,” kata Ketua KONI Steven Kandouw.

Perolehan Medali di Cabang Olahraga, sebagai berikut;

  • 4 Medali Emas (Cabor Muaythai dan Tinju)
  • 6 Medali Perak (CaborMenembak, Muaythai, Basket, Selamat, Terjun Payung, Tinju)
  • 11 Medali Perunggu (Cabor Menembak, Taekwondo, Muaythai, Pencak Silat, Tinju, Selam, Paralayang, Kempo, Layar, Bulutangkis, Karate).

Para Atlit yang berhasil membawa pulang Medali adalah:

Tim Basket Putra Sulut berhasil meraih Medali Perak dengan pelatih Roland Lengkong dan manager Clay Dondokambey

I. 4 (empat) Medali Emas;

  1. Angelina Runtukahu (Muaythai)
  2. Prays Karundeng (Muaythai)
  3. Michael Juandy Abast (Tinju)
  4. Farrand Papendang (Tinju)

II. 6 (Enam) Medali Perak;

  1. Fransisca Siagian – Gisella Lasut (Menembak)
  2. Jehvan Tawaluyan (Muaythai)
  3. Tim Beregu (Basket)
  4. Aquinas Miki Wowor (Selam)
  5. Pingkan Mandagi (Terjun Payung)
  6. Toar Sompotan (Tinju)

III. 11 (sebelas) Medali Perunggu;

  1. Gisella Lasut (Menembak)
  2. Hizkia Lesar (Taekwondo)
  3. Minarty Palangda (Muaythai)
  4. Mikleyman Manoppo (Pencak Silat)
  5. Veronica Nicolaas (Tinju)
  6. Aquinas Miki Wowor (Selam)
  7. Regi Tampenawas (Paralayang)
  8. Novelia Gabriella Manuhutu (Kempo)
  9. Alifah Auralia (Layar)
  10. Ikhsan Rumbay (Bulutangkis)
  11. Paolo Maldini Setiamu (Karate)

Jejak prestasi yang ditorehkan oleh para atlet Sulut tersebut, membawa nama harum dan menambah rekapitulasi perolehan medali di ajang PON. Harapan kedepan semakin banyak generasi muda kita yang berprestasi, memberikan yang terbaik bagi daerah. (Advetorial Diskominfo)

CATEGORIES
TAGS
Share This