Pemkot Manado Perjuangkan 18,7 M Tunjangan Guru dan Pengawas

Pemkot Manado Perjuangkan 18,7 M Tunjangan Guru dan Pengawas

Walikota GSVL Teken Permohonan Penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) Carry Over®

SULUTDAILY|| Advertorial- Teka teki dan pertanyaan yang menghinggapi sebagian guru profesional di Kota Manado tentang selisih dana tunjangan sertifikasi guru tahun 2010 – 2012 yang berulangkali disampaikan dalam berbagai tatap muka, rupanya mengusik perhatian Walikota Manado, Dr. G.S. Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Dr. Harley A.B. Mangindaan.

Meskipun duet pimpinan Kota Manado bergelar doktor ini telah menyiapkan dana milyaran rupiah untuk para guru profesional dan pengawas sekolah, tetapi dana yang tergolong besar tersebut belum bisa dicairkan tanpa melalui audit BPKP dan Surat Keputusan Tunjangan Profesi yang dikeluarkan Menteri Pendidikan Nasional.

Saat dikonfirmasi di sela-sela pertemuan tindak lanjut Sister City dengan Kota Liverpool, di Tikala Rabu (23/04/2014) Walikota GSVL menjelaskan bahwa Pemkot Manado memang memiliki dana SILPA untuk pembayaran tunjangan sertifikasi tersebut, tetapi proses pembayarannya belum bisa dilaksanakan karena adanya surat dari beberapa Dirjen di lingkungan Kemendiknas tentang penundaan pencairan anggaran dan penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi karena bencana yang melanda Manado, audit yang dilaksanakan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Pusat baru bisa dilaksanakan 28 Januari hingga 4 Februari 2014. ‘’ Karena proses auditnya telah selesai dan kita dalam kondisi siap, maka Selasa (22/04/2014) saya telah menandatangani Permohonan Penerbitan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP) Carry Over tahun 2010 – 2012,” kata Walikota.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kota Manado, Dante Tombeg, M.Pd mengemukakan bahwa Pemerintah Kota Manado pada prinsipnya untuk tahun 2014 ini sudah siap mencairkan tunjangan yang telah lama ditunggu para guru profesional tersebut. “Pemkot Manado bahkan memiliki SILPA sebesar 23,8 milyar, sementara kebutuhan Carry Over pada tahun 2010 berjumlah lebih dari 200 juta dan tahun 2012 berjumlah lebih dari 18,5 milyar, sehingga kewajiban membayar kita (carry over) berjumlah lebih dari 18.7 milyar. Kamis (24/04/2014) nanti Tim dari Dinas Diknas Kota Manado akan membawa langsung Surat yang ditandatangani Walikota tersebut ke Kementrian Pendidikan” ujar Tombeg sambil menyampaikan terima kasih atas dukungan Walikota GSVL serta memohon doa restu para guru agar semua proses penerbitan SKTP dan pencairan dana dapat berlangsung dengan lancar dan waktu yang relatif cepat.(MedCO)

CATEGORIES
TAGS
Share This