Mulai Distribusi Logistik ke PPK, KPU Minahasa Jamin Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan

Mulai Distribusi Logistik ke PPK, KPU Minahasa Jamin Pilkada Sesuai Protokol Kesehatan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjamin gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) di Minahasa, berjalan aman dan sesuai protokol kesehatan.
“Terkait Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut, kami sampaikan bahwa semua jajaran mulai KPU, PPK, PPS dan KPPS sudah siap,” kata ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda di gudang logistik KPU Minahasa, Minggu (6/12).
Menurut Malonda, logistik yang akan digunakan baik berupa Alat Pelindung DIri (APD), kertas suara dan pelengkapan pemilihan lain sudah berada di gudang KPU dan sudah mulai didistribusikan.
KPU Minahasa menargetkan semua logistik sudah didistribusikan ke TPS, paling lambat 8 Desember 2020 atau satu hari sebelum pemilihan.
“Untuk distribusinya, akan ada pengawalan oleh pihak kepolisian. Demikian juga PPK wajib mendampingi penjemputan logistik sampai pada distribusi di desa dan kelurahan di wilayah masing-masing,” jelas Malonda.

Pengamanan di gudang logistik KPU Minahasa sendiri dipimpin langsung Kapolres Minahasa AKBP Henzly Moningkey.

Sementara itu, terkait penerapan protokol kesehatan hari pencoblosan 9 Desember nanti, Malonda menjamin semua hal teknis tidak diabaikan. KPU Minahasa sudah menyiapkan prosedur yang menjamin pemilih tidak terkontaminasi virus Corona atau Covid-19.
“TPS untuk pemilihan kali ini didesain cukup besar yaitu 10 x 18 Meter, semua petugas KPPS dilengkapi masker, sarung tangan, alat pengukur suhu atau thermogun. Di dalam TPS bergantian hanya maksimal 9 orang. Jika ada pemilih yang datang suhu badannya diatas 37,3 kami sudah siapkan bilik khusus yang pintu masuknya tidak sama dengan pemilih lain, petugas KPPSpun akan langsung memakai baju hasmat,” jelasnya.
Malonda berharap warga yang akan mendatangi TPS nanti tidak terlalu berkerumun, memakai masker mengikuti antrian yang akan diatur KPPS. Juga setelah mencoblos langsung pulang ke rumah masing-masing.
Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Minahasa untuk Pilkada 2020 sebanyak 248.003 pemilih, tersebar di 686 TPS, 225 desa/kelurahan dan 25 Kecamatan.(monchi)

CATEGORIES
Share This