Bupati JG Irup  HUT RI ke 76 di Minut

Bupati JG Irup HUT RI ke 76 di Minut

SULUTDAILY|| Minut- Bupati Minahasa Utara Joune JE Ganda, SE tampil dengan Pakaian Dinas Upacara, saat menjadi sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke 76, 17 Agustus 2021 di Pemkab Minut.

Ini momen perdana bagi Bupati JG ketika menjadi Irup peringatan HUT Kemerdekaan di Minahasa Utara.
Didampingi Wakil Bupati Kevin W. Lotulung SH MH, JG menjadi pusat perhatian peserta upacara dan undangan.

Saat Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) memasuki lapangan upacara. KG terkonsentrasi pada anggota Paskibra putri pemegang baki bendera Regina Mailoor.

Ganda sangat konsentrasi saat persiapan menyerahkan bendera merah putih. Ketika Regina tiba di podium Irup, melewati 17 anak tangga, JG langsung menyerahkan bendera di baki Paskibra, untuk dikibarkan pengibar bendera Graydi Kamuh, June Salenda, dan Meydi Mandias.

Pemimpin upacara Kapt. Kav Allan Budi Kusuma dari Kompi Kaveleri 10 Wori, ikut menambah kesan upacara tertib dan disiplin dengan protokol kesehatan yang ketat.

Upacara diikuti Forkopimda, TP PKK, Kepala Perangkat Daerah, dan undangan, TNI dan Polri.

Usai upacara, Bupati Joune Ganda didampingi Wakil Kevin Lotulung memimpin Tos Kenegaraan yang diawali dengan mencicipi kue ulang tahun kemerdekaan.

Bupati JG mengatakan sebagai ucapan syukur dan untuk menghormati para pahlawan yang sudah berjuang mengorbankan jiwa dan raga, seluruh warga Minut, Forkopimda dan perangkat daerah harus bersama-sama mengisi kemerdekaan ini.

” Mari sama-sama kita wujudkan Minut tangguh dan hebat,” ucap JG kemudian mengajak melakukan Tos Kenegaraan.

Sehari sebelumnya, Bupati Joune Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin W. Lotulung SH MH lewat virtual live streaming dari DPRD Minahasa Utara, Senin ( 16/08/2021) mengikuti sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia, sidang gabungan DPD RI dan DPR RI untuk peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2021.

Sidang di gedung rakyat senayan tersebut, dipimpin Ketua DPD La Nyala Mattalitti, dihadiri anggota MPR RI, Presiden RI Joko Widodo beserta para pimpinan lembaga negara.

Bupati Minut Joune Ganda mengatakan, Presiden Ir Joko Widodo dalam sambutan dalam rangka peringatan HUT Ke 76 Kemerdekaan RI menegaskan, pandemi Covid 19 masih ada, membuat kita harus mawas diri, perbaiki diri dan kuatkan diri. Pandemi ini juga mengajarkan, dan mengajak untuk kita kuat menahan beban berat, beresiko, untuk dihadapi bersama. Disaat kita bersatu, disitulah kekuatan kita.

“Kita harus tegar, banyak sabar, tetap tabah dan tetap bertahan. Presiden juga mengingatkan harus pandai, cepat dan tepat bertindak. Pandemi ini sebagai proses ujian untuk menjadi bangsa yang tahan banting,” ujarnya mengutip pidato Presiden.

Usai Rapat Paripurna, Bupati JG di dampingi Wakil Bupati Kevin Lotulung mengukuhkan Paskibraka Minut yang akan bertugas di Upacara Kemerdekaan RI ke 76, besok ( 17/08/2021) di Lapangan Pemkab Minut dan dilanjutkan mengikuti detik detik proklamasi secara virtual di Pendopo kantor Bupati. (Advertorial/Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This