Fibry: Kecamatan Tareran Siap Sambut KEMENPARKRAF Dengan Kearifan Lokal

Fibry: Kecamatan Tareran Siap Sambut KEMENPARKRAF Dengan Kearifan Lokal

SulutDaily || Minsel – Adanya rencana kunjungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  (Kemenparkraf) Republik Indonesia disalah satu desa yang berada di kecamatan Tareran yakni Wiau Lapi Barat, membuat pemerintahan kecamatan Tareran  bergairah dan meresponnya dengan baik.

Kedatangan ini tentu menjadikan Tareran dikenal didunia Pariwisata  Indonesia karena kita memiliki panorama alam seperti Air terjun dibeberapa desa, peninggalan sejarah Minahasa yakni Batu Konimpis,  kuliner khas serta beberapa kearifan lokal hasil pertanian (gula aren dan cap tikus) serta ekonomi kreatif  lainnya, ungkap Fibry Tumiwa yang merupakan Camat Tareran. Kami akan mencari semua kearifan lokal yang ada di kecamatan Tareran disetiap desa untuk ditampilkan pada acara penyambutan Menteri atau Wakil Menteri yang akan datang. Tambah Camat.


“Kecamatan Tareran juga memiliki kultur yang identik dengan budaya Minahasa yanga akan ditampilkan, seperti “Toko Dolo-dolo”, pengumuman versi lama “Palakat”, proses pengangkatan pemimpin Mapalus “Mapongkol” yang masih ada beberpa desa di Tareran” ungkap Kumtua Wiau Lapi Christian Karamoy.
Yerikson Wurangingan selaku Kumtua “Desa Wisata” WLB sangat mengharapkan dukungan dari semua pihak termasuk rekan-rekan Penjabat Kumtua se-kecamatan Tareran, seluruh staf kecamatan dan oraganisasi kebudayaan, Media cetak dan elektronik, tokoh-tokoh adat di Tareran dan Minsel. Semua potensi kearifan lokal di Tareran untuk bisa ditampilkan sebagai potensi Pariwisata dan ekonomi kreatif  Minsel untuk menunjang Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata (KEK Pariwisata) Likupang Minahasa Utara.  Maju Bersama, Sejahtera Bersama dan Kepribadian untuk Perubahan Minahasa Selatan.

CATEGORIES
TAGS
Share This