Dumais: Perubahan, Perdakan Kedisiplinan ASN dan Perlindungan Petani/Pedagang Asli Tomohon

Dumais: Perubahan, Perdakan Kedisiplinan ASN dan Perlindungan Petani/Pedagang Asli Tomohon

SULUTDAILY|| Jakarta – Sosok pengusaha muda asal Kota Tomohon yang sempat mencalonkan diri sebagai wakil rakyat di DPRD Kota Tomohon dari Partai Gerindra Tahun 2019, yakni Ferdinand Djeki Dumais mengungkapkan beberapa gagasan sebagai langkah strategis perubahan untuk memperkuat internal aparatur sipil negara, serta pendapatan asli daerah, maupun kebijakan yang melindungi petani dan pedagang warga Tomohon menjadi peraturan daerah.

Menurut Dumais melalui aplikasi WhatshApp, (11/1/2021) jika peluang melakukan perubahan sangat besar bagi pasangan pemimpin Kota Tomohon dari Koalisi Kerakyatan Caroll JA Senduk dan Wenny Lumentut, sebab didukung mayoritas masyarakat Kota Tomohon, hingga menjabarkan kebijakan akan berjalan lancar.

Menurutnya, contoh seperti Program Peningkatan Kinerja dan Pelayanan Pegawai Pemkot Tomohon terkait Disiplin, On Time, Melayani dan Pro Aktif menjemput pelayanan ke rumah masyarakat dalam pengurusan KTP, Pajak Bumi dan Bangunan (P2B), Pelayanan Kesehatan, dan lainnya.

“Selanjutnya soal Mapping Wilayah Tomohon dan Bangun UMKM setiap kelurahan berdasarkan kekuatan dan kelebihan daerah, hidupkan koperasi, serta Aplikasi UMKM, sehingga Ekonomi Tomohon bergerak. Mengawasi setiap produk pertanian dari luar yang masuk dan buat semacam border- border di tiap batas wilayah yang bertujuan menjadi filter dan kontrol serta bisa mengutip pajak barang masuk ke Tomohon jika diperlukan,” ungkap Dumais.

Lebih lanjut, Dumais mengusulkan dilakukan kewajiban setiap Layanan Publik untuk membuat Pojok Produk dan Kerajinan, serta Hasil Pertanian Petani Tomohon sebagai Promosi dan Pemasaran Hasil Produk dan Kerajinan Petani dan Pengrajin Tomohon.

“Perlunya Perusahaan Daerah untuk kepanjangan tangan dan kepentingan Pemerintah mengontrol dan meningkatkan, serta memperkuat Ekonomi Daerah Tomohon. Perusda tersebut juga harus inovatif, kreatif dan aktif mencari sumber-sumber investasi, dibackup dengan aturan simple dan efektif mengundang dan bermitra dengan investor dalam dan luar yang bertujuan meningkatkan PAD Tomohon, khususnya mendapatkan Revenue Perpajakan dan membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja produktif Tomohon yang dikelola orang-orang profesional,” kata Dumais. (davyt)

CATEGORIES
Share This