Dra, Herlina Damopolii Ungkap Program Percepatan Pembangunan Desa

Dra, Herlina Damopolii Ungkap Program Percepatan Pembangunan Desa

SULUTDAILY || BOLTIM – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), upayakan percepatan pembangunan, untuk desa berkembang, menjadi desa maju, Rabu (15/09/2021).

Seperti dikatakan Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD), sewaktu membawakan materi pada kegiatan pembekalan penguatan Camat, dipantai literasi desa Molobog, Selasa 14/9 kemarin.

Dimana dirinya, menegaskan kepada seluruh Camat yang hadir, bahwasanya saat ini, pihak DPMD sedang berupaya melaksanakan program percepatan pembangunan desa, yang tidak lain adalah Visi dan Misi Bupati Sam Sachrul Mamonto bersama Wakil Bupati (Wabup) Oskar Manoppo. Untuk Boltim tercinta kita ini.

“Yang ingin saya sampaikan, bahwa saat ini, program daripada dinas pemberdayaan masyarakat desa. Untuk saat ini kita difokuskan untuk bagaimana caranya, dimana saat ini kita termasuk sebagai desa berkembang, dan menuju ke desa maju,” ditegasnya.

Selain itu, Herlina Damopolii juga menghimbau kepada para Camat, agar mengajak kepada masyarakat desa, diwilayah kepemimpinan masing-masing untuk berinovasi, sehingga hal yang menjadi sebuah proses menuju desa maju dapat tercipta. Juga, hal terssbut yang nantinya akan membawakan citra positif oleh masyarakat, terhadap Pemerintah Kecamatan.

Dra. Herlina Damopolii Saat Melakukan Pemaparan Materi.

“Berinovasi, diharap Camat bisa mengedukasikan kepada pihak desa, sehingga desa itu bijak berinovasi, supaya kita dapat dicintai oleh masyarakat diwilayah kita masing-masing,” diimbaunya.

Disamping hal tersebut, Herlina pula menguraikan perbedaan antara desa berkembang dan desa maju, yang sempat menjadi sanggahan pertanyaan oleh Ibu Camat Modayag, pada sesi tanya jawab seusai pemaparan materi pembekalan.

“Desa maju, adalah desa yang saat ini, semua kegiatan didesa tersebut. Misalnya, dilihat dari segi ekonomi, pendidikan dan lingkungan, yang dari ketiga eksistensi itu, sudah sepenuhnya dilaksanakan. Dan desa berkembang belum sepenuhnya melaksanakan ketiga eksistensi tersebut,” diurai Herlina.

Saat ini, diungap pula Herlina, bahwa dari 81 desa yang dimiliki Kabupaten Boltim, ada sebanyak 50 lebih, termasuk sebagai desa berkembang, dan ada pula 13 desa yang sudah dikatakan maju

“Ini ada sebanyak 54 desa berkembang, kemudian ada 13 desa maju,” Tandas Kadis DPMD Boltim.

CATEGORIES
TAGS
Share This