Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, July 28, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Tomohon » Wawali : Lurah Dan Camat sebagai Ujung Tombak Dalam Roda Pemerintahan

Wawali : Lurah Dan Camat sebagai Ujung Tombak Dalam Roda Pemerintahan 

Syerly Adelyn Sompotan, Wawali Kota Tomohon

SULUTDAILY//Tomohon Pemerintah kota Tomohon melalui wakil walikota Syerly Adelyn Sompotan. Selasa (14/06/2016) membuka kegiatan fasilitasi percepatan penyelesaian tapal batas wilayah administrasi antar daerah kecamatan dan kelurahan se-Kota Tomohon.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kota Tomohon, bertempat di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Wailan Tomohon Utara, dihadiri oleh, Lurah dan Camat yang ada di kota Tomohon.

Melalui pelaksanaan kegiatan ini, Kabag Administrasi Pemerintahan Setda Kota Tomohon J S T Pandeirot S Pd MM menuturkan maksud kegiatan ini adalah untuk memperjelas batas antar wilayah kecamatan dan kelurahan di Kota Tomohon, selain itu mendapatkan data permasalahan batas wilayah antar kelurahan atau antar kecamatan . Hadir dalam kegiatan para camat dan lurah se-Kota Tomohon serta para kepala seksi pemerintahan dan trantib kelurahan.

Sementara itu, wakil walikota Syerly Adelyn Sompotan, dalam sambutannya, mengatakan  pada hakikatnya tujuan penegasan batas daerah yakni untuk menciptakan tertib administrasi pemerintahan, memberikan kejelasan dan kepastian hukum terhadap batas wilayah suatu daerah yang memenuhi aspek teknis dan yuridis, namun masih saja ada ditemui permasalahan dilapangan sehingga dibutuhkan kebijakan dalam percepatan penegasan batas daerah.

“Implikasi ketidakjelasan batas daerah berpengaruh pada tidak jelasnya luas wilayah dan kesulitan pengaturan tata ruang daerah, khususnya Kabupaten atau Kota”. Untuk itu, dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan adanya inventarisasi data batas antar kelurahan guna mewujudkan percepatan penyelesaian tapal batas wilayah di Kota Tomohon, Kata Sompotan.

Dijelaskan juga,  peran segenap jajaran pemerintah kota Tomohon, termasuk para camat dan lurah sebagai ujung tombak dalam roda pemerintahan, karena sangat penting untuk dijaga dan ditingkatkan terkait upaya mempercepat penegasan batas daerah dan harus solid, bersinergi menjaga keutuhan wilayah dengan berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tegas Sompotan.

Untuk itu, Wawali Syerly Sompotan berharap, melalui  kegiatan ini untuk diinventarisasi data batas antar kelurahan guna mewujudkan percepatan penyelesaian tapal batas wilayah di Kota Tomohon, Jelas Sompotan.

(ep)