Virus Corona Ancam Manado, Ketua KLiR Ajak Warga Waspada tapi Jangan Panik

Virus Corona Ancam Manado, Ketua KLiR Ajak Warga Waspada tapi Jangan Panik

SULUTDAILY||Manado – Virus Corona yang penyebarannya dari Tiongkok memang membuat gempar Indonesia khususnya warga Kota Manado dan Provinsi Sulawesi Utara. Hal ini disebabkan banyaknya turis Tiongkok atau turis Cina yang pelesiran ke daerah ini.

Terkait hal ini Ketua Umum Komunitas Likupang Raya (KLiR) Arnold Nelwan Sompie mengatakan sangat wajar jika masyarakat khawatir karena virus ini merupakan virus mematikan yang baru saja muncul dan belum ada obat patennya. Namun demikian ia mengajak masyarakat untuk waspada namun tidak panik sehingga bisa beraktivitas seperti biasanya.

“Virus berbahaya bukan yang pertama mengacam Indonesia dan memang kali ini masyarakat harus waspada karena daerah Sulawesi Utara khususnya Manado dan Likupang adalah daerah tujuan wisata para turis Cina namun demikian sepatutnya warga jangan panik atau khawatir berlebihan hingga aktivitas pekerjaan terganggu,” ujarnya, Senin (27/01/2020).

Ketua Umum Komunitas Likupang Raya (KLiR) Arnold Sompie. (ist)

Sompie mengajak semua warga untuk melakukan pencegahan antara lain dengan menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, istirahat yang cukup serta mengkonsumsi makanan sehat. Terkait melakukan perjalanan ke luar daerah menurutnya hal tersebut adalah keputusan pribadi dan menurutnya virus akan sulit menular kepada orang yang memiliki pola hidup sehat. “Semua peristiwa terjadi atas seizin Tuhan. Sebagai orang yang beriman tentu kita harus berdoa supaya dihindarkan dari sakit penyakit atau bencana apapun dan tentu berusaha dengan tetap waspada, melakukan pencegahan melalui pola hidup sehat,” ungkap tokoh masyarakat yang berasal dari Likupang, Minahasa Utara ini.

Terpisah, Minggu (26/01/2020) kemarin, Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto Sp. Rad ( K) mengecek langsung kesiapan upaya deteksi dini masuknya virus Corona Body Thermal Scanner di Sulut, di pintu masuk bandara Sam Ratulangi Manado.

“Setelah saya cek langsung kondisi pengoperasian di bandara Sam Ratulangi, saya pastikan hingga saat ini Kota Manado masih bebas dari Virus Corona,” kata Menkes Kesehatan RI Letjen TNI (Purn)Dr. dr. Terawan Agus Putranto Sp. Rad ( K) kepada wartawan di bandara Sam Ratulangi.

Menurut Terawan, upaya pencegahan peredaran virus Corona di Indonesia termasuk di Provinsi Sulut dilaksanakan secara serius dan sesuai prosedur yang berlaku. “Saya berharap dengan hasil ini membuat warga Sulut untuk tidak panik dengan isu-isu yang berkembangan tanpa data yang valid,” kata Menkes.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang mendampingi kunjungan Menkes RI menuturkan jika kedatangan Menkes ke Manado menjadi satu jaminan pemerintah pusat proaktif melakukan pencegahan dan bahwa Kota Manado hingga saat ini bebas virus Corona. “Kedatangan langsung Pak Menkes RI di Manado adalah bukti sinergitas dan koordinasi yang baik dan intens antara Pemerintah Provinsi Sulut dan pemerintah pusat,” ujarnya. (*/yr)

.

CATEGORIES
TAGS
Share This