Tunggu Persetujuan Gubernur, James Sumendap Pastikan Senin Sekda Mitra Dilantik

James Sumendap, SH.

SULUTDAILY|| Ratahan – Pelantikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) hasil seleksi terbuka yang baru saja dilakukan Panitia Seleksi (Pansel), ditunda pelaksanaannya

Padahal, sebelumnya Bupati James Sumendap usai menerima hasil rekomendasi yang disampaikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengatakan, akan melantik calon Sekda definitif pada pekan berjalan ini.

Lantas, mengapa agenda pelantikan yang sudah disampaikan sang gladiator bahkan ikut diiyakan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Dra Marie Makalow tidak jadi dilaksanakan?

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mitra Dra Marie Makalow, saat dikonfirmasi SulutDaily.com, Jumat (12/6/2020) mengatakan, agenda pelantikan belum jadi dilaksanakan karena masih menunggu persetujuan gubernur.

“Belum ada persetujuan dari pak gubernur,” jawab Makalow sembari menuturukan tiga kandidat calon Sekda Mitra semuanya dilaporkan kepada gubernur.

Sementara itu Bupati Minahasa Tenggara James Sumendap SH mengatakan, agenda pelantikan sekretaris daerah definitif baru akan dilangsung Senin (15/6/2020) pekan depan.

“Untuk pelantikan Sekda Senin,” kata Sumendap via video call dengan sejumlah awak media tadi sore.

Ditanya siapa diantara ketiga kandidat yang akan dilantik menjadi sekda definitif, Sumendap hanya tersenyum sembari mengakhiri percakapan video dengan para awak media atau wartawan.

Disisi lain sejumlah spekulasi mencuat detik-detik diumumkannya calon sekda pengganti Robby Ngongoloy yang beberapa lalu mundur dari jabatan Sekda Mitra.

Dimana, banyak pihak masih menjagokan pelaksana tugas Sekda Mitra saat ini yaitu David Lalandos. Menurut berbagai sumber, penentuan Sekda definitif sebetulnya sudah bisa diketahui pada saat bupati menunjuk pelaksana harian hingga pelaksana tugas sekda Mitra beberapa waktu lalu.

“Sebetulnya pertarungannya sudah selesai saat bupati menunjuk David Lalandos sebagai Plh hingga Plt bahkan sampai diperpanjang,” beber sumber yang meminta namanya tidak ditulis.

Disisi lain menurut sumber, banyak juga yang meyakini adanya kejutan dalam penentuan Sekda Mitra. “Harus diingat, JS sering mengambil keputusan tidak populis bahkan penuh dengan kejutan atau mengeluarkan keputusan yang tidak pernah diduga apalagi dipikirkan orang lain,” tukas sumber.

(***)

CATEGORIES
TAGS
Share This