Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, December 19, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Entertaiment » Tips Belanja Online Supaya Dapat Produk Berkualitas dengan Harga Murah

Tips Belanja Online Supaya Dapat Produk Berkualitas dengan Harga Murah 

Ilustrasi belanja online. (Foto: net)

SULUTDAILY // Manado – Belanja online mempunyai sisi positif dan negatif. Positifnya, kita tidak perlu buang-buang waktu untuk membeli produk yang dibutuhkan. Sedangkan sisi negatifnya, jika kita tidak jeli, bukan barang yang didapat, tapi malah jadi korban penipuan.

Haikal Bekti Anggoro selaku Head of Mobile Lazada, sebagai salah satu situs belanja online ternama di Indonesia, menyampaikan sejumlah tips belanja online supaya terhindar dari penipuan dan mendapat barang yang diinginkan dengan harga termurah.

 

Pertama, buat daftar barang yang hendak dibeli.

Tidak harus berbelanja semua barang yang disukai. Catat barang yang dimau, taruh di wish list atau semacam keranjang belanja. Eksplorasi lebih lama biar enggak kejebak dan sebelum membayar kamu bisa pilih dan piker baik-baik barang mana yang kamu butuhkan untuk segera dibeli.

 

Kedua, rajin membuka aplikasi.

Manfaat maksimal belanja online itu kuncinya rajin-rajin buka aplikasinya. Kamu akan paham pilihan produk, diskonnya sampai dengan biaya pengiriman, gratis tanpa ongkir (ongkos kirim) atau informasi lain terkait tata cara belanja di situs online yang kamu pilih.

Ketiga, baca review.

Sebelum melakukan transaksi harus membaca ulasan orang tentang produk yang dijual oleh seller yaitu review atau semacam testimoni dari yang sudah pernah memesan produk tersebut. Review makin banyak jadi lebih yakin, komentar orang seperti apa. Review, rating itu ngaruh banget. Lihat profile-nya sudah berapa lama, dari orang- orang sebelumnya komentar seperti apa, itu bisa mencegah dari penipuan.

Keempat, pembayaran harus dilakukan melalui platform tersebut atau COD (Cash on Delivery)

Jika mau membeli barang lewat platform, pembayaran sebaiknya jangan dilakukan secara langsung kepada seller. Seller yang dimaksud adalah penjual atau pemilik produk yang beriklan di situs belanja tersebut. Jika seller minta langsung bayar kepadanya itu peluang penipuannya besar. Kalau bayar via platform maka jika terjadi apa-apa ditanggung sama platformnya. Artinya lebih aman lewat platform.

Pilihan paling aman juga adalah COD alias Cash on Delivery. Kamu membayar barangnya ketika kamu sudah menerimanya lewat jasa pengiriman. Kamu bisa memeriksa dulu barang yang kamu beli, biasanya jika ada robek atau cacat yang fatal dari barang yang kamu beli, kamu bisa langsung mengembalikan kepada kurir dan melakukan klaim untuk pengantian produk yang baru.

Hal terpenting lainnya adalah untuk mendapatkan harga termurah dengan barang yang bagus, pembeli online harus rajin berburu voucher.  Terakhir, membeli barang secara online sebaiknya dilakukan di momen platform memberikan diskon besar-besaran, seperti saat Hari Raya maupun Harbolnas (hari belanja online nasional).

Lazada momen besarnya ada 3 dalam setahun. Pertama, di ulang tahun Lazada Maret atau April, Ramadhan, dan Harbolnas. Kalau buat Lazada Harbolnas dari 11 sampai 12 12 . Tapi di Indonesia kan Harbolnas dirayakan cuma di 12 12 aja. Diskonnya bisa sampai 90 persen bahkan ada seller yang kasih diskon sampai 95, 97 persen. tandasnya.(yr)

Sumber: tempo.co