Tinggalkan Kemewahan, Perempuan Cantik Ponakan Bos Djarum Ini Pilih Jadi Biarawati

Tinggalkan Kemewahan, Perempuan Cantik Ponakan Bos Djarum Ini Pilih Jadi Biarawati

NAMA aslinya Maria Donna Dewiyanti Darmoko. Kini ia menjadi biarawati dan lebih dikenal dengan nama Suster Lucy Agnes. Ibunya adalah sepupu pemilik Djarum Grup yang selalu masuk 10 daftar orang terkaya di Indonesia berbagai versi, Robert Budi Hartono.  

Tak heran jika kemunculannya sebagai suster Katolik atau biarawati yang beredar lewat foto pada 2017 silam, hingga kini masih menjadi bahan perbincangan di jagad maya di Indonesia hingga ke luar negeri.

Suster Lucy Agnes merupakan anak tunggal dari pasangan Paul dan Cecilia Darmoko. Orangtuanya merupakan pengusaha kuliner yaitu pemilik restoran ayam Bulungan. Seperti dilansir dari Tribunnews, memang benar Suster Lucy Agnes merupakan keponakan dari pemilik Djarum dan Bank BCA tersebut karena ibunya Cicilia adalah sepupu dari Robert Budi Hartono.

Suster Lucy Agnes (paling kanan) anggota keluarga Djarum yang memilih jadi biarawati. (foto: net)

Bukan hanya karena latarbelakang keluarga kaya, Suster Lucy Agnes merupakan seorang gadis yang cantik dan berpendidikan tinggi. Ia menempuh pendidikan SMA dan S1 di Perth Australia. Selanjutnya ia menyelesaikan studi S2 di salah satu kampus ternama di Chicago Amerika Serikat.

Apa yang membuatnya meninggalkan kemewahan dan kecerdasannya yang luar biasa itu? Suster Lucy mengaku mengalami pencerahan saat dia dan keluarganya liburan ke Hong Kong.

“Awalnya saya sangat terganggu saat melihat begitu banyak tunawisma di jalanan Hong Kong, yang meringkuk, sakit dan kotor,” ujarnya.

Ia mengaku tidak terbiasa melihat orang miskin dan melarat penuh luka dan kesakitan tanpa tempat tinggal. “Insting emosional pertama saya adalah melarikan diri saat melihat mereka dan saya hampir muntah,” katanya.

Suster Lucy Agnes mengaku mendapatkan ‘panggilan’, dari dalam hatinya ia merasa sedih dan berharap bisa membantu orang-orang tersebut supaya tidak lagi menderita. “Saat saya meninggalkan orang-orang ini, sesuatu membuat saya melambat, seolah-olah ada yang menyuruh saya kembali kepada mereka untuk melakukan sesuatu yang baik untuk orang-orang yang tidak beruntung itu.”

Dari situlah kemudian ia memutuskan untuk masuk Kongregasi Misionaris Cinta Kasih dengan nama Suster Lucy Agnes. Ia sangat terinspirasi dari Mother Teresa dan sosok Yesus Kristus yang mengajarkan kasih dan tindakan pengorbanan nyata untuk menolong sesama manusia. Kabarnya saat ini, ia bertugas di Timor Leste yang merupakan salah satu negara termiskin di Asia.

Kerabat terdekat dari keluarga Djarum yang enggan namanya dimediakan menuturkan jika sejak remaja sudah terlihat perangai yang berbeda dari Maria Donna nama asli Suster Lucy Agnes. Jika dibelikan tas bermerek untuk dipakai ke sekolah maka ia tidak akan menggunakannya. Ia terkenal suka hidup sederhana kendati berasal dari keluarga yang kaya.

“Saat SMA, kalau dibelikan orangtuanya tas-tas mahal, ia enggak mau pake,” kata kerabatnya itu. Awal mulanya orangtuanya sangat menentang pilihan ini namun belakangan beredar kabar orangtua dan keluarganya justru merasa bangga karena anaknya dikenal banyak orang lewal hal-hal kebaikan.

Bahkan Suster Lucy Agnes menginspirasi banyak orang untuk mencintai sesama dengan tindakan dan tentu saja jika banyak orang mempraktekkan kasih kepada sesama bukan tidak mungkin bumi ini akan penuh kedamaian? Ketika semua hanya memikirkan bagaimana menolong sesama dan bukan bagaimana menjahati sesama?! (yr).

CATEGORIES
TAGS
Share This