Tak Konsisten Dengan Cuti, Lomban Masih Membawakan Sambutan Pemerintah

Tak Konsisten Dengan Cuti, Lomban Masih Membawakan Sambutan Pemerintah

SULUTDAILY||Bitung-Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban yang sedang menjalani cuti kampanye sejak tanggal 4 Maret sampai 7 Maret 2019 terlihat masih menjalankan aktifitas sebagai Wali Kota Bitung dengan menghadiri beberapa kegiatan Pemerintah Kota Bitung pada tanggal 6 Maret 2019.

Lomban terlihat menghadiri serta membawakan sambutan yang mengatasnamakan Pemerintah Kota Bitung di kegiatan sosialisasi tata cara pemungutan suara pemilu 2019 dan penyerahan sertipikat tanah untuk rakyat dan pencanangan gerakan pemasangan tanda batas.

Rendy Rompas kepada wartawan menjelaskan bahwa ini sudah masuk dalam pelanggaran, karena cuti itu untuk kampanye jadi tidak bisa mengikuti kegiatan pemerintahan.

“Namanya cuti itu bebas dari tugas sebagai Wali Kota dalam jangka waktu yang ditentukan, dan tidak bisa membawakan sambutan mengatasnamakan pemerintah Kota, apalagi menggunakan fasilitas milik negara seperti kendaraan Dinas.” ungkap Rendy pada wartawan.

Sekretaris Daerah Kota Bitung Audi Pangemanan saat dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan bahwa berarti ada perbedaan pemahaman tentang cuti itu.

“Dan pasti beliau sudah komunikasi dengan beberapa pihak terkait, baik di tingkat daerah, maupun pusat.” jelas Pangemanan melalui pesan whatsapp.

Sementara itu Asisten 1 Provinsi Sulawesi Utara Edison Humiang menjelaskan bahwa seharusnya tidak boleh, dan harus konsisten.

“Seharusnya konsisten, dan tidak boleh, termasuk menggunakan fasilitas negara, kecuali rumah dinas.” jelas mantan Sekda Kota Bitung saat di konfirmasi wartawan lewat pesan whatsapp.

Senada dengan Humiang, ketua KPU Kota Bitung Desli Sumampouw, SE juga menjelaskan kepada wartawan, dimana cuti yang diambil oleh Lomban adalah cuti kampanye dalam keperluan kampanye partainya sendiri.

“Jadi otomatis, Lomban berdasarkan surat cuti dari Gubernur Olly Dondokambey dengan tembusan ke KPU Bitung dibebastugaskan sebagai Wali Kota untuk sementara karena akan melakukan kampanye parpol.” ungkap Desli.

(romo)

CATEGORIES
Share This