Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Monday, November 19, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Hukum & Kriminal » Tahun Depan, Sulut Miliki Kantor Perwakilan LPSK

Tahun Depan, Sulut Miliki Kantor Perwakilan LPSK 

20180815_101851_crop_988x619

Sekjen LPSK Berdialog dengan Stakeholder Perlindungan Anak Sulut

20180815_114313_crop_757x619SULUTDAILY|| Manado- Sekretaris Jenderal LPSK, Noor Sidharta, mensosialisasikan Perlindungan Saksi dan Korban serta tugas fungsi LPSK kepada para stakeholder perlindungan anak di Sulawesi Utara dalam Diskusi bersama Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulut, di kantor DPD RI Rabu (15/08/2018).

Menurut Noor, anak menjadi fokus penting perlindungan saksi dan korban mengingat anak merupakan kelompok rentan. “Posisi anak dalam masyarakat baik itu di sekolah, lingkungan bermain, bahkan keluarga seringkali sangat lemah. Maka anak yang menjadi korban perlu mendapat perhatian khusus dari kita semua”, ujar Noor.

FB_IMG_1534312519027Maka penanganan kepada anak yang menjadi korban, terutama kekerasan seksual, pun haruslah sebuah penanganan yang khusus, karena kebutuhan anak memiliki kekhususan sendiri. “Misalnya layanan keberlanjutan pendidikan atau layanan psikososial lain yang korban butuhkan”, jelas Noor.

Noor juga menjelaskan beberapa kasus layanan LPSK terhadap anak yang menjadi korban, baik kekerasan seksual maupun KDRT. Hal ini untuk menjelaskan secara mudah peran LPSK dalam layanan kepada korban. Apalagi peserta adalah pihak-pihak yang sehari-hari bersentuhan dengan korban baik dari LSM, Dinas-Dinas Pemerintah Daerah, Kepolisian, hingga jurnalis. “Rekan-rekan disini sangat penting bagi korban. Maka kami harap setelah sosialisasi ini layanan rekan-rekan bisa pula disinkronkan dengan peran LPSK”, harap Noor.

Dalam kesempatan yang sama Noor juga menyampaikan bahwa LPSK berinovasi dalam penerimaan permohonan. Inovasi tersebut diantaranya adalah dengan membuat aplikasi permohonan android. Inovasi ini dilakukan agar penyampaian permohonan perlindungan semakin mudah dan melengkapi jalur penyampaian permohonan perlindungan melalui, surat, email, dan telepon 021-29681560. “Apalagi jika melihat kondisi geografis Indonesia yang luas sementara untuk saat ini LPSK baru ada di tingkat pusat”, ujar Noor.

20180815_115856-2064x1548LPSK sendiri melihat Sulawesi Utara sebagai provinsi yang strategis, baik dari lokasi maupun karakteristik tindak pidana. Dari letaknya yang berbatasan dengan negara lain dan berhadapan langsung dengan Samudera Pasifik menjadikan Sulawesi Utara rawan tindak pidana lintas negara, termasuk trafficking dan Narkotika, yang menjadi tindak pidana prioritas perlindungan LPSK. Sementara karakteristik tindak pidana dimana di Sulawesi Utara marak terjadi kekerasan seksual dan trafficking. “Oleh karenanya Sulawesi Utara menjadi salah satu provinsi dimana LPSK merencanakan mendirikan perwakilan daerah. Dan langkah konkretnya adalah kami juga akan berkoordinasi dengan instansi di Sulawesi Utara untuk pendirian LPSK perwakilan di Sulawesi Utara “, pungkas Noor. (Humas LPSK/Jr)