Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Tuesday, December 12, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Advertorial » Spektakuler, Hut ke 53 Provinsi Sulut

Spektakuler, Hut ke 53 Provinsi Sulut 

Spektakuler, Hut ke 53 Provinsi Sulut

20170923081805_3A5A9777SULUTDAILY|| Manado- Perayaan Hut ke 53 Provinsi Sulut, terbilang sangat meriah dengan sejumlah rangkaiam kegiatan yang mewarnainya.  Seperti upacara  puncak peringatan Hut ke 53,  Paripurna DPRD  dengan demonstrasi pakaian adat Sulut, Pesta Rakyat  dan Pameran Pembangunan di Kayuwatu.  Gubernur Sulut Olly Dondokambey  SE menjadi inspektur Upacara pada puncak peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT )  ke-53 Provinsi Sulawesi Utara di Gelanggang Olahraga Robert  Wolter Monginsidi KONI Sario Manado Sabtu ( 23/09/2017 ).

Dalam sambutannya Gubernur Olly Dondokambey mengatakan  seiring dengan pertambahan usia proses pembangunan  di Sulut semakin berkualitas dan berkuantitas yang muaranya pada terciptanya masyarakat  yang sejahtera ini perlu untuk terus digaungkan dan menjadi pemahaman serta kebanggaan bersama seluruh masyarakat  bahwa Provinsi yang kita cintai, karena daerah  Nyiur Melambai penuh dengan segudang keunggulan yang mampu memberikan kontribusi yang sangat besar bagi proses pembangunan bangsa di berbagai sektor.
” Saya optimis kedepan Sulut akan mencapai target dengan menekan angka kemiskinan dan pengangguran.  Saya yakin dengan masyarakat yang begitu antusias menyambut era baru di sulut maka target menekan angka kemiskinan hingga 6 persen sekian dan pengangguran 7 persen, akan tercapai,”kata Olly.

20170923084957_3A5A9943Gubernur  Olly juga menargetkan pembebasan lahan sebagai program yang diprioritaskan hingga akhir 2017 .  “Tahun ini pembebasan lahan tuntas, maka tahun 2018 pembangunan infrastruktur yang telah disiapkan sudah berjalan,”kata Olly. Sambil mencontohkan pembangunan ring road dan jalan alternatif serta pembangunan kota baru di Manado. Gubernur  memberikan apresiasi dan terimakasihnya kepada seluruh rakyat Sulut terlebih khusus kepada Bupati dan Walikota selaku pemimpin di daerah karena telah bersinergi sehingga pembangunan disegala bidang dapat terlaksana, dan dalam kesempatan tersebut diberikan penghargaan kepada daerah-daerah yang berprestas tentang LPPD 2016. Adapun urutan peringkat dan Skor dalam LPPD Tahun 2016 yakni Kabupaten Minahasa  31683, Kota Kotamobagu 31373, Kabupaten Bolaang Mongondow   Selatan 30966,  Kota Bitung 30824, Minahasa Tenggara 30411 dan  Kabupaten Minut 30224

penghargaan kenaikan pangkat  Kepala Bagian  Kerjasama  Fery Jones Sangian dari  golongan pangkat  IVa ke IVb

penghargaan kenaikan pangkat Kepala Bagian Kerjasama Fery Jones Sangian dari golongan pangkat IVa ke IVb

Pada kesembatan tersebut juga diberikan penghargaan kenaikan pangkat kepada Kepala Bagian  Kerjasama  Fery Jones Sangian dari  golongan pangkat  IVa ke IVb,  dan juga diberikan  penghargaan  Satya Lencana Karya Satya kepada  pegawai yang telah mengabdi  selama 10 Tahun, yaitu  Kasubag  Penerima Tamu Victor Arthur dari Biro Protokol Kerjasama dan Komunikasi Publik dan 30 Tahun masing-masing kepada Kepala Biro Organisasi Setda  Provinsi Sulut Farly Kotambunan, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Sulut Mieke Pangkong dan   Penghargaan Kemudahan Pelayanan Perizinan Perumahan yang diberikan   Menteri  PUPR  kepada  Dinas Penanaman Modal  Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulut Happy T. R Korah serta  Dinas Pajak dan Retribusi  Sulut Olvie Ateng mendapat penghargaan Pelayanan Publik Terbaik dengan Program Samsat Online. Selain itu juga Gubernur menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pengelolaan sampah kepada tujuh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara

Paripurna DPRD  dan Demonstrasi Pakaian Adat Sulut
Pemandangan menarik terlihat pada puncak perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Sulawesi Utara yang ke 53, Sabtu (23/09/2017) di Gedung Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Utara, Kairagi. Dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sulawesi Utara nampak para elit pemerintah daerah mengenakan pakaian daerah dari 3 etnis besar di Sulawesi Utara.  Dimulai dari Gubernur Sulawesi Utara, Bapak Olly Dondokambey,SE bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Rita Dondokambey-Tamuntuan yang begitu mempesona mengenakan Pakaian Adat Minahasa, demikian pula Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Utara Bapak Andrei Angouw bersama Ibu Irene Pinontoan yang  juga mengenakan Pakaian Adat Minahasa.

IMG-20170923-WA0284Sementara itu Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs.Steven O.E Kandouw bersama Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu dr.Kartika Devi Tanos, MARS begitu percaya diri mengenakan pakaian adat Bolaang Mongondow, serta Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Silangen,MS bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Sulawesi Utara, Ibu Ivone Lombok yang mengenakan Pakaian Adat Sangihe.

20170923111922_3A5A0178Hal ini pertama kali terjadi dalam sejarah pelaksanaan Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka HUT Provinsi Sulawesi Utara. Konsep ini dicetuskan oleh Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey,SE untuk menggelorakan kembali semangat cinta budaya daerah. “Saya dapat jatah mengenakan pakaian adat minahasa, Wagub mengenakan pakaian adat Bolmong, dan Sekprov mengenakan pakaian adat Sangihe. Ini untuk menggelorakan kembali semangat cinta budaya Sulawesi Utara” jawab Gubernur Sulut saat diwawancarai wartawan
Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Drs.Steven O.E Kandouw mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk terus menjaga keragaman budaya yang ada di Sulawesi Utara sebagai modal besar  untuk membawa Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang pariwisata di bagian timur Indonesia.

 20170923121728_3A5A0264“Dalam momentum pelaksanaan rapat paripurna ini, saya mengajak seluruh masyarakat Sulawesi Utara untuk terus menjaga keragaman budaya kita, karena hal tersebut menunjukkan bahwa Sulawesi Utara benar-benar berkepribadian dalam kebudayaan. Tidak hanya itu, dengan kemajemukan budaya yang ada di Sulawesi Utara akan sangat menunjang kemajuan di sektor pariwisata, karena para turis sangat tertarik dengan keunikan budaya di suatu daerah. Mari kita wujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang pariwisata di bagian timur Indonesia” jelas Wakil Gubernur.

Tak kalah mencuri perhatian pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD kali ini adalah Bupati Minahasa Tenggara, James Sumendap,SH yang mengenakan Pakaian Adat Kabasaran. Beliau terlihat begitu gagah berani dengan pakaian adat tersebut. Tampak hadir dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulawesi Utara ini para Bupati,Wakil Bupati, Walikota, Wakil Walikota dari 15 Kabupaten/Kota yang ada di Sulawesi Utara. Para Pejabat ini juga mengenakan Pakaian Adat masing-masing daerahnya.

Pesta Rakyat,  Tuhan Menyertai Rakyat Sulut
20170923173716_3A5A0473Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu bersyukur karena penyertaan Tuhan atas provinsi berjulukan Bumi Nyiur Melambai itu hingga mencapai usia ke-53 tahun.  “Tuhan selalu menyertai kita. Marilah bersyukur atas yang senantiasa Tuhan berikan bagi Provinsi Sulawesi Utara, sehingga boleh menginjak usia yang ke-53 tahun saat ini,” kata Olly pada pesta rakyat yang digelar di Jalan Boulevard II, Sindulang, Manado, Sabtu (23/09/2017) malam. Dengan bertambahnya usia tersebut, Olly menegaskan pentingnya semangat kebersamaan pada seluruh masyarakat Sulut. “Ini menjadi suatu upaya untuk menyegarkan kembali semangat kebersamaan diantara rakyat sebagai komponen utama bangsa dalam membangun daerah tercinta,” tandasnya.

20170923165409_3A5A0407Disamping itu Olly juga menyinggung pembangunan di Manado Utara yang merupakan daerah pesisir pantai. “Pembangunan di Manado Utara termasuk di daerah pesisir pantai terus dikerjakan. Daerah ini juga memiliki potensi perikanan yang baik. Tentunya seluruh masyarakat di pesisir pantai yang lebih dulu menikmati hasilnya,” tandasnya.
Adapun pesta rakyat itu turut dihadiri Wakil Wakil Gubernur, Drs. Steven O.E. Kandouw, Walikota Manado, Dr. Vicky Lumentut, Jajaran Forkopimda, Ketua TP-PKK, Ir. Rita Maya Tamuntuan, Wakil Ketua TP-PKK, dr. Kartika Devi Tanos dan Sekdaprov Edwin Silangen, SE, MS.

Pameran Pembangunan di Kayuwatu
IMG-20170922-WA0046Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, SE resmi membuka Pameran Pembangunan Provinsi Sulawesi Utara, di Kayuwatu, Manado, Jumat (22/9/2017) malam. Pembukaan ini ditandai dengan bunyi alat musik tradisional tambur yang ditabuh Olly bersama Wakil Gubernur Drs. Steven O.E Kandouw dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulut.  “Dengan ini pameran pembangunan Provinsi Sulawesi Utara resmi dibuka,” ujar Olly di atas panggung acara.

Sebelumnya, saat menyampaikan sambutan, Olly menyatakan, pameran pembangunan adalah acara menarik sehingga selalu dinantikan masyarakat Provinsi Bumi Nyiur Melambai itu.  “Apalagi banyak hal menarik yang bisa dilihat di setiap stand, baik dari instansi pemerintah maupun swasta. Di pameran juga ditampilkan aneka produk, termasuk komoditi unggulan, potensi daerah, lokasi wisata dan hasil pembangunan lainnya,” katanya.

IMG-20170922-WA0048Orang nomor satu di Sulut itu juga menjelaskan, melalui ajang pameran itu, masyarakat juga dapat melihat perkembangan seluruh kabupaten dan kota termasuk memperoleh informasi tentang peluang ekonomi dan bisnis. “Ini merupakan kesempatan bagi masyarakat yang ingin melihat potensi dan perkembangan daerah yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di Sulut,” tandasnya.

Ketua Panitia HUT Prov. Sulut ke-53 yang juga Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Rudi Mokoginta, SE, M.TP menjelaskan tujuan penyelenggaraan pameran itu.  “Pameran ini untuk meyampaikan informasi tentang program yang sedang dan telah dilakukan di Sulawesi Utara. Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkontribusi dalam pameran pembangunan,” katanya. (Jr/*)