Setahun Parkir, Mobil Lab PCR Milik Pemkot Manado Bakal Beroperasi

Setahun Parkir, Mobil Lab PCR Milik Pemkot Manado Bakal Beroperasi

SULUTDAILY|| Manado- Mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang dimiliki Pemerintah Kota Manado sejak awal September 2020 lalu, belum pernah dioperasikan. Rencananya mobil lab PCR kapasitas uji hingga 400–700 sampel per hari ini akan mulai dioperasikan dalam waktu dekat.

Hal ini dikatakan, Wakil Walikota dr.Richard Sualang saat menggelar rapat kordinasi bersama Perangkat Daerah (PD) terkait penggunaan Mobile Laboratorium PCR milik Pemerintah Kota, Senin (30/08/2021) di ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota yang turut dihadiri Sekertaris Daerah Kota Manado Micler CS Lakat SH., bersama perwakilan dari BPKP Provinsi Sulawesi Utara.

” Kita cari solusinya agar secepatnya kendaraan tersebut bisa beroperasi lagi agar masyarakat lebih mudah untuk melakukan PCR,” ujarnya Sualang sambil berharap dalam waktu dekat mobil PCR bisa beroperasi lagi.

Sementara itu, Sekertaris Dinas Kesehatan Kota Manado dr. Marini Kapojos menjelaskan kendala yang dialami sampai saat ini adalah ruang anteroom. Dimana setiap pengoperasian mobile laboratorium harus ada ruang anteroom.

“Hingga saat ini pengurusan ijin dan sertifikasi terkendala kerena anteroom ini,” kata dr. Marini.

Lebih lanjut dr. Marini memaparkan, hal serupa juga dialami oleh mobil lab milik Dinkes Provinsi Sulut yang masih terkendala hal yang sama karena kedua mobil lab tersebut pengurusan ijinnya berjalan bersama.

“Keduanya terkendala ruang anteroom sesuai dengan aturan yang terakhir keluar,” ujarnya.(Jr)

CATEGORIES
TAGS
Share This