Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Friday, December 14, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Sekda Ngongoloy : Hukum Tua Harus Serius Susun Profil Desa

Sekda Ngongoloy : Hukum Tua Harus Serius Susun Profil Desa 

IMG_20180806_221058640
SULUTDAILY, Tombatu – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Drs.Robby Ngongoloy ME,M.Si, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang pembuatan Profil Desa, Senin (6/8/2018). Peserta kegiatan ini adalah seluruh Operator Desa yang tersebar di 135 Desa dan 9 Kelurahan se-Mitra.

Menurut Sekda, profil desa mutlak dan merupakan syarat utama yang harus diperhatikan para aparat diwilayahnya masing-masing, guna kepentingan pencapaian validasi dan akuntabilitas informasi yang akurat tentang sejauh mana perkembangannya secara berkelanjutan. Mulai dari tahap perencanaan, implementasi program dan kebijakan sampai pada capaian pelaksanaan pembangunan di desa itu sendiri.
IMG_20180806_221120164
“Semua desa harus ada profilnya. Ini harus diperhatikan dan diseriusi para aparat, mengingat profil desa merupakan salah satu elemen penting dalam sistem perencanaan pembangunan,” tegas Ngongoloy didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Mitra, Drs.Joutje Wawointana, kala membuka Bimtek tersebut yang mengambil lokasi di rumah makan RCTI, Tombatu.

Disamping itu Ngongoloy berharap, semua operator peserta Bimtek, agar mengikuti kegiatan ini dengan baik, sehingga dapat memahami setiap materi yang diterima dan mampu mengaplikasikannya masing-masing teritorialnya dalam rangka percepatan pembuatan profil desa ini. “Selamat mengikuti Bimtek. Progres peradaban Mitra juga ada di pundak kalian semua,” tukas Ngongoloy, menyemangati.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemberdayaan Desa Provinsi Sulawesi Utara, Drs.Ferry Singal selaku pemateri, menjelaskan bahwa profil desa termasuk salah satu kebijakan pemerintah yang bisa dijadikan acuan dalam mengukur mutu dan kualitas desa itu sendiri melalui ketersediaan data profil yang ada, sehubungan dengan gambaran menyeluruh dari perkembangan dan potensinya.

“Tentunya ini sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2015. Profil desa juga berkorelasi erat dengan tujuan dana desa, dalam hal mengukur sejauh mana penggunaannya dalam rangka pencapaian desa yang maju, mandiri dan sejahtera,” jelas Singal. (Hengly Langoy)