Sekda Jemmy Kuhu Apresiasi Watutumou II Sebagai Desa Sadar Kerukunan

Sekda Jemmy Kuhu Apresiasi Watutumou II Sebagai Desa Sadar Kerukunan

SULUTDAILY|| Minut  – Desa Watutumou II Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dicanangkan sebagai desa Sadar Kerukunan oleh Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara. Pencanangan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kakan Kementrian Agama Dr H Abd Rasyid MAg selain itu juga digelar juga dialog sadar kerukunan, Selasa (12/11/2018).

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan S.Th yang diwakili oleh   Sekda Minut Ir Jemmy H. Kuhu MA

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan S.Th yang diwakili oleh Sekda Minut Ir Jemmy H. Kuhu MA

Kepala Kantor Kementrian Dr H Abd Rasyid dalam sambutan mengatakan memberikan apresiasi kepada semua pihak sehingga Desa Watutumou ini dapat menjadi pilot project dan menjadi profil kerukunan yang dapat ditiru oleh daerah lain.Desa sadar Kerukunan ini 1 terdapat di Minsel dan satunya lagi di Watutumou II ini. Menurut Rasyid daerah Sulut merupakan provinsi yang dinilai paling tolerant di Indonesia yang diwakili oleh Manado.  Hal ini dikuatkan juga dengan penghargaan Harmoni Award. “Saya percaya Kabupaten Minut ini sedang menuju ke daerah yang paling toleran, dan dalam waktu yang tidak begitu lama hal ini pasti akan terwujud karena telah dimulai dari Desa Watutumou II ini,” tukas Rasyid.

Bupati Minut Vonnie Aneke Panambunan S.Th yang diwakili oleh   Sekda Minut Ir Jemmy H. Kuhu MA mengungkapkan syukur karena Desa Watutumou II oleh Kementrian Agama Provinsi Sulut telah ditetapkan sebagai Desa Sadar Kerukunan. “Salah satu hal yang menjadi perhatian Presiden Jokowi, memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi. Secara tersirat nawacita ke sembilan memiliki ruang ruang untuk membangun dialog kerukunan beragama supaya setiap agama dapat memiliki nilai-nilai yang sama sama menghargai. Semoga peran tokoh-tokoh agama dapat terus membangun bahkan meningkatkan kerukunan umat beragama di Minut ini,” ujar Kuhu.

Pencanangan ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kakan Kementrian Agama Dr H Abd Rasyid MAgSementara itu Hukum Tua Defli Bawanda mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintah melalui Kementrian Agama Provinsi Sulut yang telah menunjuk Desa Watutumou II sebagai Desa Sadar Kerukunan.“Terima kasih kepada pemerintah dan semua pihak karena telah mempercayakan desa kami menjadi pilot projeck Sadar Kerukunan. Hal ini tentunya telah melalui survei pola kehidupan beragama di desa. Tokoh-tokoh agama maupun umat atau jemaat yang berdomisili di desa,” ujar Bawanda yang memaparkan profil desa dihadapan tokoh agama yang tergabung dalam FKUB.

Hadir dalam acara ini beberapa Camat Kalawat Herman Mengko SIP,  Pendeta Protestan dari GMIM, tokoh agama Hindu, Imam Masjid, Tokoh Gereja Katolik dan Advent Hari Ke-Tujuh. Mereka terlihat bergandengan tangan dan menyanyikan lagu ‘Alangkah Bahagianya’.(*/ADV)

CATEGORIES
TAGS
Share This