Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Thursday, November 23, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Minut » Sekda Ir. Jemmy Kuhu Berkunjung ke Desa Terluar Minut Pulau Bangka

Sekda Ir. Jemmy Kuhu Berkunjung ke Desa Terluar Minut Pulau Bangka 

Sekda Ir. Jemmy Kuhu Berkunjung ke Desa Terluar Minut Pulau Bangka

Tunjang Program Nawacita Presiden Jokowi

SULUTDAILY || Minut – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Ir Jemmy Kuhu MA melakukan kunjungan kerja ke Pulau Bangka Desa Kahuku Kecamatan Likupang Timur Senin (23/10/2017).

Dalam kunjungan kerja ini  Sekda Ir. Jemmy Kuhu didampingi Kadis Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Dr Cakrawira Gundo M.Si, Plt, Kadis Pendidikan Nasional Sofitje Wolajan SE MM, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Jofieta Supit, Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Drs Maximilian Tapada M.Si, Plt Kadis Perindustrian Roike Kodoati, Camat Likupang Timur Doni Rondonuwu dan Wakapolsek Likupang Iptu Ade Tatang.

Rombongan tiba di Desa Kahuku disambut oleh Hukum Tua  Kahuku Imanuel Tinungki bersama perangkat desa dan warga yang langsung menggelar pertemuan di balai desa.  Kunjungan kerja ini dilakukan untuk memonitor perkembangan pembangunan desa-desa khususnya yang ada di Pulau Bangka.

Menurut Sekda Ir . Jemmy Kuhu kunjungan kerja ini sebagai bentuk perhatian Pemkab Minut terhadap Desa yang ada dipulau. Kami ingin melihat dari dekat akan perkembangan pembangunan yang ada di Desa Kahuku, terutama terkait dengan penggunaan dana desa yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

“Sejak saya diangkat sebagai Sekda Minut oleh Gubernur Olly Dondokambey, baru kali ini saya berkunjung ke Desa ini. Hal ini dimaksud untuk melihat dari dekat akan pembangunan di desa, sekaligus juga mendengar perkembangan terkait masalah-masalah sosial yang terjadi di desa ini,” ujar Kuhu.

Ditambahkan Sekda, untuk pengawasan penggunaan dana desa baru saja ditandatangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Desa dan Polri, bahwa untuk pengawasan dana desa ini akan ditangani oleh Kepolisian RI. Hal ini erupakan petunjuk Presiden RI Joko Widodo.

“Hal ini tentunya perlu diketahui oleh pemerntah desa, sehingga penggunaan dana desa ini akan sesuai dengan aturan yang ada, karena pelanggaran atas penggunaan dandes ini akan langsung berurusan dengan pihak kepolisian, oleh sebab itu Wakapolsek Likupang Iptu Ade Tatang juga ikut hadir di sini,” Jelas Kuhu.

Dibagian lain Kepala Dinas Sosial dan PMD Dr Cakrawira Gundo, M.Si mengatakan kaitannya dengan visi dan misi Bupati VAP menjadikan Minut Kabupaten Agibisnis, Industri dan Pariwisata dan kaitannya dengan Menteri Desa dan Nawacita ketiga yaitu membangun dari pinggiran sudah terhubung. Hanya saja sinergitas pembangunan desa dengan SKPD mesti ditingkatkan lagi agar pembangunan di desa tidak berjalan sendiri,” jelas Gundo.

Ditambahkan Gundo, khusus di Desa Kahuku ini, Bumdes sedang mengelola puncak yang akan dijadikan destinasi wisata di Pulau Bangka ini. Ini perlu juga ditopang oleh Dinas PUPR dan Dinas Pariwisata,

Sementara itu usai pertemuan  Sekda Ir. Jemmy Kuhu langsung melakukan kunjungan ke beberapa proyek yang ada di desa Kahuku dan Desa Ehe  yang letaknya berdekatan. Diantaranya,  pembangunan rehab ruang kelas SD GMIM Kahuku dan kantor desa dan pagar Desa Ehe yang dibangun dengan menggunakan dandes.( Joy )