Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, September 24, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Totabuan » Sangadi Di Bolmut Bakal Tersangkut Dugaan Kasus Pengelolaan DanDes

Sangadi Di Bolmut Bakal Tersangkut Dugaan Kasus Pengelolaan DanDes 

Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mengalokasikan dana miliaran rupiah untuk pengembangan Desa guna pemenuhan kesejahteraan rakyat melalui bidang pembangunan Desa.

SULUTDAILY, BOLMUT – Pemerintah Pusat melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) mengalokasikan dana miliaran rupiah untuk pengembangan Desa guna pemenuhan kesejahteraan rakyat melalui bidang pembangunan Desa.

Sebut saja Dana Desa (DanDes). Dana yang disalurkan oleh Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia di duga banyak disalahgunakan untuk pemanfaatannya.

Merais keuntungan dalam realisasi pengelolaan sangat nampak dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari APBN itu. Seperti, Pembangunan Drainase, Pembangunan Jalan Desa, Pembangunan Jamban dan Dana Penyertaan Badan Usaha Milik Desa pun menjadi target untuk mencari keuntungan semata bukan kesejahteraan rakyat.

Sejumlah pemerhati Bolmut menilai pembangunan Desa menjadi kedok hitam para Sangadi (Kepala Desa, red) dalam meraih keuntungan. “ Sangat nampak kejanggalan yang terjadi dilapangan dalam serapan anggaran DanDes. Besaran yang dituangkan dalam papan proyek pembangunan nilainya sangat tinggi dibanding hasil dari kualitas pembangunan yang sangat rendah, “ Semprot Gandi Goma yang juga merupakan advokasi hukum mudah Bolmut.

Diapun mengharapkan kepada seluruh masyarakat Bolmut untuk dapat bersama – sama dalam mengawasi jalannya program pembangunan Desa yang di salurkan oleh Pemerintah Pusat melalui DanDesa.

“ Rakyat harus menjadi CCTV Pemerintah Pusat dalam penyerapan realisasi DanDes. Apabila dilapangan ada hal – hal yang bertentangan dengan peruntukan DanDes segera di laporkan, “ tambahnya lagi.

Kejaksaan Negeri Bolmut pun mewarning kepada para Sangadi agar bekerja dengan baik dalam realisasi DanDes. “ Kami tidak akan segan – segan untuk menyeret ke dalam hukum apabila terdapat bukti fatal yang telah dilakukan Sangadi dalam peruntukan DanDes. Laporan warga sudah sangat banyak masuk ketelinga kita hingga sampai sat ini, “ Tegas Berto sapa akrab Kasi Intelejen Kejari Bolmut belum lama ini kepada sulutdaily.com. (ricky)