Respon Keluhan Warga, Kalaks BPBD Bitung Ingatkan Pengendara Jauhi Pepohonan

Respon Keluhan Warga, Kalaks BPBD Bitung Ingatkan Pengendara Jauhi Pepohonan

SULUTDAILY||Bitung-Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) kota Bitung responsif atas laporan warga pengguna jalan antara kelurahan Apela dan Tewaan yang berada di kecamatan Ranowulu, dimana jalan tersebut terhalang karena adanya pohon tumbang pada hari Rabu (30/01/2019).

Kepala Pelaksana (Kalaks) BPBD Bitung Rudy Wongkar kepada wartawan mengaku ruas jalan yang tertutup akibat pohon yang tumbang.

“Berdasarkan laporan dari salah satu warga pengguna jalan tersebut, tim BPBD langsung bergerak guna membuka akses jalan yang tertutup akibat terhalang pohon tumbang.” kata Rudi lewat pesan whatsapp.

Untuk penyebab robohnya pohon di ruas jalan Apela Tewaan dikarenakan terpaan angin kencang tadi.

“Penyebab tumbangnya pohon tersebut diakibatkan karena angin kencang tadi. Untung saja pada saat tumbang tidak ada pengendara kendaraan yang melintas.” ungkap Wongkar.

Untuk itu saya selaku Kalaks BPBD kota Bitung mengingatkan kepada warga kota Bitung, jika cuaca tidak bersahabat atau tidak memungkinkan untuk berkendara, sebaiknya memarkir dulu kendaraannya.

“Apabila cuaca tidak memungkinkan, sebaiknya kendaraan diparkir dulu di tempat aman sambil menunggu cuacanya aman untuk berkendara.” jelasnya.

Apalagi jika melintasi ruas jalan yang banyak dengan pepohonan, seperti Danowudu, Tewaan, Apela, Kumersot, Duasudara, Batuputih, Pinasungkulan, Karondoran, Tendeki, Kasawari, Tandurusa Makawidey, Punangonian dan lain lain, ruas jalan tersebut sangat berbahaya.

“Ruas jalan itu sangat rawan terjadi pohon tumbang di jalan apabila angin kencang disertai hujan lebat.” tutup Rudy Wongkar menambahkan jangan berteduh dibawa pohon besar untuk menghindari cabang pohon yang berpotensi patah.

(romo)

CATEGORIES
TAGS
Share This