Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Saturday, February 24, 2018
  • JW Digital Printing Cetak Baliho Dengan Harga Rp.30.000/meter..Materi Baliho Kirim di WA:081340733991 ..Design Gratis!!
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Minahasa » Relawan Paslon Pilkada Wajib Terdaftar di KPU

Relawan Paslon Pilkada Wajib Terdaftar di KPU 

Relawan Paslon Pilkada Wajib Terdaftar di KPU

SULUTDAILY|| Tondano – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa mewajibkan pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Minahasa mendaftarkan relawan yang akan membantu kampanye pada pelaksanaan Pilkada.

Hal ini diungkap langsung Ketua KPU Minahasa Meidy Yafet Tinangon SSi MSi didampingi Komisioner KPU Lord A Malonda SPd dan Kristoforus Ngantung SFils dalam rapat koordinasi bersama parpol pengusung, LO, jajaran Kepolisian, Insan Pers dan utusan PPK, (09/02/2018) di Hotel Mercure Kecamatan Mandolang.

Menurut Tinangon, pendaftaran dilakukan satu hari setelah penetapan pasangan cabup dan cawabup yang memenuhi persyaratan sampai dengan satu hari sebelum masa kampanye.

“Untuk relawan atau pihak lain, orang per orang atau kelompok, harus mendaftarkan diri kepada kami, apakah lewat tim kampanye, atau datang sendiri,” ujar Tinangon.

Lebih lanjut, Tinangon mengatakan, jika relawan datang sendiri untuk mendaftarkan diri kepada KPU, harus menyerahkan surat pernyataan dari Paslon yang menyatakan bahwa mereka adalah pendukung dan akan membantu selama masa kampanye. “Jadi, dalam sistem administrasi kepemiluan, terkait dengan kampanye semuanya harus terdaftar,” ungkapnya.

Tinangon menambahkan, pendaftaran relawan dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban selama masa kampanye.”Bahwa kampanye dengan tiga prinsip, dialogis, terbuka, dan bertanggung jawab. Ada kata-kata bertanggung jawab itu artinya pasangan calon harus tahu siapa yang mendukung,” jelasnya.

Selain relawan, petugas kampanye pasangan cabup – cawabup juga harus didaftarkan satu hari setelah penetapan calon sampai satu hari sebelum masa kampanye.

Pasalnya, petugas kampanye merupakan orang yang menyelenggarakan kegiatan kampanye, menyampaikan pemberitahuan tertulis ke kepolisian tentang penyelenggaraan kampanye, menyebarkan bahan kampanye, dan bertanggung jawab terhadap kelancaran, keamanan, dan ketertiban kampanye. (davyt)