Rekrutmen Panwaslu Desa dan Kelurahan Dibuka

Rekrutmen Panwaslu Desa dan Kelurahan Dibuka

SULUTDAILY|| Minut – Tahapan rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan/Desa dibuka. Panwaslu Kecamatan Airmadidi kini memberikan kesempatan kepada masyarakat yang mau bergabung menjadi Panwaslu Kelurahan/Desa, pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Terkonfirmasi, sejak kemarin, Panwaslu Kecamatan Airmadidi telah mempublikasikan tahapan rekrutmen Panwaslu ke seluruh desa/kelurahan di Kecamatan Airmadidi.

Ketua Panwaslu Kecamatan Airmadidi, Trisno Mais, S. AP., MSI menuturkan, rekrutmen Panwaslu Kelurahan/Desa dibuka secara transparan, sehingga publik dapat mengetahui dan Panwaslu Kelurahan/Desa yang terpilih nanti benar – benar berkompeten dan memiliki integritas yang baik.

“Karena tahapan sudah dibuka, makanya sejak Senin tanggal 10 kemarin, kami Pimpinan Panwaslu Kecamatan Airmadidi mendatangi satu per satu desa dan kelurahan untuk menginformasikan tahapan rekrutmen Panwaslu Kelurahan /Desa serta menempel informasi terkait tahapan di kantor desa dan kelurahan,” kata Trisno kepada sulutdaily, Jumar (14/02/2020).

Dia pun menjelaskan, meskipun begitu, para calon anggota Panwaslu harus memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditentukan.

“Pada saat pendaftaran berusia paling rendah 25 tahun serta mempunyai integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil, dan memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan pemilu,” tukas Trisno.

Tak hanya itu, alumni Fispol Unsrat ini juga menambahkan, bagi calon Panwaslu Kelurahan /Desa harus mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau di badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon.

“Mereka pun jika terpilih harus bersedia tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan dan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah /Badan Usaha Milik Desa,” sebutnya.

Untuk diketahui, Pengumuman pendaftaran 10-16 Februari, Pendaftaran dan penerimaan berkas 16-22 Februari, Penelitian Kelengkapan berkas persyaratan administrasi 16-22 Februari, Pemeriksaan keabsahan dan legalitas 16-22 Februari.

Pelaksanaan Tes Wawancara 16-22 Februari, Pengumuman hasil seleksi administrasi dan tes wawancara 25-27 Februari, Perpanjangan pendaftaran 27 Februari sampai 4 Maret, Penelitian Kelengkapan berkas persyaratan administrasi pada masa perpanjangan pendaftaran 27 Februari 4 Maret.

Pemeriksaan keabsahan dan legalitas pada masa perpanjangan 27 Februari sampai 4 Maret, Pelaksanaan Tes Wawancara pada masa perpanjangan pendaftaran 27 Februari hingga 4 Maret, Pengumuman hasil seleksi administrasi dan wawancara pada perpanjangan pendaftaran 4-5 Maret.

Tanggapan masyarakat dan klarifikasi atas tanggapan dan masukan dari masyarakat 6-10 Maret, Pengumunan Panwaslu Kelurahan Desa Terpilih 12 Maret, Pelantikan 13-20 Maret.(***)

CATEGORIES
TAGS
Share This