Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, November 22, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Manado » Peserta BPJS Kesehatan Cabang Manado Capai 923.571 Jiwa

Peserta BPJS Kesehatan Cabang Manado Capai 923.571 Jiwa 

Peserta BPJS Kesehatan Cabang Manado Capai 923.571 Jiwa

SULUTDAILY|| Manado- Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hingga saat ini terus menunjukkan kemajuan yang signifikan. Hal ini juga dirasakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Manado yang   menunjukkan kemajuan pesat. Sampai dengan 30 Juli 2017 jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Manado mencapai 923.571 jiwa yang tersebar di Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kabupaten Kepulaan Talaud, dan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Hal ini terungkap dalam kegiatan Public Expose Capaian Program JKN-KIS dan Dampaknya Bagi Perekonomian Indonesia yang dilaksanakan pihak BPJS Kesehatan Kota Manado,Selasa (22/8/2017) di kantor BPJS Manado.

BPJS Kesehatan Cabang ManadoMenurut Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Manado Rahmat Eka Perkasa  bahwa angka kepesertaan tersebut diatas sudah termasuk dengan peserta masyarakat umum yang diakomodir oleh pemerintah daerah setempat melalui dana APBD yakni sebanyak 136.277 jiwa. ” Selain kepesertaan,  terjadi pertumbuhan juga terjadi dalam hal jumlah fasilitas kesehatan yang bekerjasama.Dia menegaskan,saat BPJS Kesehatan Manado telah menjalin kemitraan dengan para pihak ketiga yakni kemitraan dalam hal ketersediaan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yakni pada 87 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas),63 Dokter Praktek Perorangan,15 Dokter Praktek Gigi Perorangan,16 Klinik Pratama,12 milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan 10 milik Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri),”jelasnya.

Dia menambahkan selain ketersedian FKTP,saat ini juga ada 26 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri dari 10 Rumah Sakit (RS) Pemerintah,9 RS Swasta, 3 RS milik TNI,1 RS milik Polri, 3 Klinik Utama, 12 Apotik dan 6 Optik.”Selain mitra tersebut diatas masih ada sejumlah Rumah Sakit di kota Manado yang belum bermitra dengan BPJS Kesehatan Kota Manado yakni RS Ibu&Anak Kirana,RS Permata Bunda serta Pendidikan Gigi.”ujarnya sambil menegaskan hal itu karena kendala ijin operasional.

Kepala BPJS Kesehatan Manado,dr.Greisthy EL Borotoding dalam rilisnya antara lain menyatakan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah Daerah atas komitmennya dalam mensukseskan Program JKN-KIS. Dikatakannya,adapun bentuk komitmen yang ada saat ini melalui pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan,namun kata Greisthy untuk jangka panjang diharapkan Pemda juga berperan untuk makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat.”Saya berharap pemerintah daerah dan masyarakat secara bersama-sama berkomitmen untuk memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-KIS dan makin memperluas cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health Coverage atau cakupan semesta di tahun 2019,”katanya.

Sementara itu,  Kabid SDM dan umum,Ivanna Umboh, SH mengungkapkan akan terus mengupayakan peningkatan kualitas pelayanan dengan berbagai konsep dan stretegi pemberdayaan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM). ”Salah satu terobosan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan peserta adalah sejak awal pendaftaran yakni melalui teknologi website dan mitra yang bekerja sama dengan BPJS melalui Care Centre 1500-400.Kami juga menyelengarakan pelayanan pendaftaran melalui sistem Dropbox di kantor cabang,kantor kelurahan dan kecamatan,Lippo Mall,Mobil Customer Service,Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP), Stand Booth,kader JKN dan aplikasi mobile JKN dan pendaftaran di tempat ibadah,” ungkapnya. (Jr)