Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, December 13, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Peresmian RSUD Mitra Sehat, SUMENDAP : Pelayanan Masyarakat Harus Optimal

Peresmian RSUD Mitra Sehat, SUMENDAP : Pelayanan Masyarakat Harus Optimal 

_IMG_000000_000000

SULUTDAILY, Ratahan – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey SE, bersama Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap SH, menandatangani prasasti peresmian Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mitra yang diberi nama RSUD MITRA SEHAT, Senin (4/12/2017) di Pasan.

Menurut Bupati, keberadaan RSUD Mitra Sehat ini merupakan jaminan kesehatan yang sangat penting di tengah kebutuhan akan pelayanan kesehatan berkualitas kepada masyarakat.

Diungkapkannya, mutu dan kualitas pelayanan kesehatan itu dapat diukur melalui akreditasinya. RSUD sendiri sudah dinyatakan lolos dalam standar akreditasi penilaian tertinggi, dan tentunya hal tersebut akan jadi motivasi pegawai memberikan pelayanan optimal, serta jadi ujung tombak upaya-upaya pencegahan penyakit pada masyarakat Minahasa Tenggara dan sekitarnya.

“Jadikan rumah sakit tak hanya sebagai rujukan orang yang sakit, namun sekaligus fungsikan peran rumah sakit untuk sarana edukasi kesehatan. Rumah sakit harus terbuka bagi masyarakat yang ingin berkonsultasi mencegah sakit dengan upaya promotif preventif,” tutur Sumendap.

Lanjut Sumendap, yang tak kalah penting, rumah sakit juga harus mampu menunjukkan keramahan dalam pelayanan, sehingga tak membuat masyarakat takut berobat dan khawatir ditolak atau tak dilayani. Oleh karena itu pelayanan kepada masyarakat harus dioptimalkan.

“Pengelolaan SDM rumah sakit harus prima, layani pasien dengan senyum, ikhlas, dan sabar. Pelayanan yang baik tak hanya pada saat pengobatan, namun bisa berbagai layanan lainnya,” kata Sumendap.

Sementara dalam kesempatan, Kepala Dinas Kesehatan Mitra, dr.Rini Tamuntuan, ketika memberikan laporan mengatakan, pembagunan RSUD Mitra Sehat Ini merupakan representasi dari Nawacita Presiden RI, Joko Widodo, dan visi-misi program Gubernur Dondokambey dan Wagub Kandou serta didalamnya visi-misi dari Bupati Sumendap. Lanjutnya, keberadaan RSUD ini telah memiliki ijin dari Kementerian Kesehatan RI, sesuai Permenkes 54, tahun 2014. Serta pembangunan rumah sakit ini sudah dimulai sejak tahun 2015, dengan tiga bangunan yang terdiri dari 2 lantai Administrasi, 2 lantai UGD, dan 1 Poliklinik, juga bangunan 2 lantai Rawat Inap, Instalasi Bedah Central, Radiologi, dan bangunan Intensive Care Unit.

“RSUD Mitra Sehat siap dioperasikan, dimana sudah ada tenaga Spesialis Penyakit Dalam, Bedah, Kandungan, Spesialis Anak serta Dokter Umum kemudian dibantu tenaga paramedis perawat dan bidan yang siap melayani,” kata Tamuntuan.

Ikut hadir dalam peresmian antara lain, Wakil Bupati Ronald Kandoli, Pangdam 13 Merdeka Mayor Jendral TNI Ganip Warsito SE,MM, Dandim 1302 Minahasa LetKol. INF. Jubert Nixon Purnama STh, Kapolres Mitra-Minsel AKBP Arya Perdana SIK,MH,MM, Kadis Kesehatan Sulut dr Debby Kalalo, Sekda Ir Farry F.Liwe MSc, para Asisten dan sejumlah anggota DPRD Mitra serta undangan lainya. (Hengly Langoy)