Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Thursday, August 16, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Tomohon » Pengurangan Pekerja Anak Mendukung Program PPA-PKH 2016

Pengurangan Pekerja Anak Mendukung Program PPA-PKH 2016 

Pengurangan Pekerja Anak Mendukung Program PPA-PKH 2016

SULUTDAILY|| Tomohon- Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon menyelenggarakan Kegiatan Pengurangan Pekerja Anak Dalam Rangka Mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) tahun 2016 Kamis (12/05/2016) di Aula Happy Lyste Kakaskasen dan  dibuka oleh Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak.

Acara ini juga dihadiri oleh  Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tomohon Evangeline Sepang, S.PAK. M.Si., Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kota Tomohon Drs. Gerardus Mogi, Kepala Dinas Kesehatan dan Sosial Kota Tomohon dr. Deesje Liuw, M.BioMed. dan Para Pejabat Pemkot Tomohon Lainnya, Camat Tomohon Utara, Lurah Kakaskasen Satu, Para Tim Teknis/ Petugas Pendamping PPA-PKH serta Para Peserta PPA-PKH tahun 2016.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman, SE.Ak., dalam sambutannya mengatakan bahwa Pengurangan Pekerja Anak dalam rangka mendukung Program Keluarga Harapa (PPA-PKH) merupakan program nasional yang tertuang dalam RPJMN periode 2015-2019.
” Kegiatan PPA-PKH ini bersinergi dengan Program Keluarga Harapan yang dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai instansi terkait antara lain Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Sosial, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Instansi/Lembaga terkait lainnya, bak Pemerintah maupun non Pemerintah termasuk Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang dirancang dengan tujuan untuk mengurangi/menghapus pekerja anak dariRumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang putus sekolah namun masih tergolong usia sekolah (13 tahun – 17 tahun) melalui pendampingan di tempat penampungan (shelter) selama 25 hari. Terutama anak-anak yang bekerja pada Bentuk-bentuk Pekerjaan Terburuk Untuk Anak (BPTA),”kata Walikota.

Keberhasilan program PPA-PKH tahun 2016 ini sangat bergantung pada koordinasi antar instansi terkait dengan sinergitas program yang konsisten dan berkelanjutan, sehingga pekerja anak dapat ditarik dari tempat kerja untuk dikembalikan ke dunia pendidikan sedangkan orang tua/wali pekerja anak diberdayakan ekonominya melalui pelatihan wirausaha dan bantuan sosial usaha.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tomohon Drs. Daniel Pontonuwu, dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari Kegiatan Pengurangan Pekerja Anak Dalam Rangka Mendukung Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) adalah untuk menarik pekerja anak/anak yang berkerja menopang kebutuhan keluarga dari tempat bekerja untuk dikembalikan kedunia pendidikan dalam rangka menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Peserta kegiatan ini berjumlah 84 orang yang perinciannya adalah sebagai berikut : Kecamatan Tomohon Utara : 35 orang, Kecamatan Tomohon Barat 18 orang, Kecamatan Tomohon Tengah 7 orang, Kecamatan Tomohon Timur 14 orang dan Kecamatan Tomohon Selatan 10 orang. Materi pendampingan yang diberikan yaitu materi non akademis seperti organisasi kelas, norma kerja anak dan pendidikan, keterampilan belajar, kecakapan personal, kecakapan sosial, serta olahraga dan keagamaan, dan materi akademis seperti kecakapan membaca,menulis dan berhitung serta pengantar pembelajaran memasuki pendidikan dan keterampilan.(RH*)