Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Thursday, December 14, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Minahasa » Pengangkatan Eceng Gondok di DAS Tondano, Dipantau Langsung Bupati JWS

Pengangkatan Eceng Gondok di DAS Tondano, Dipantau Langsung Bupati JWS 

Pengangkatan Eceng Gondok di DAS Tondano, Dipantau Langsung Bupati JWS

SULUTDAILY|| Tondano – Bupati Minahasa Jantje Wowiling Sajow (JWS), Jumat pagi (8/9/2017) memantau langsung pengangkatan eceng gondok di Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, tepatnya di Kelurahan Tolour dan Kelurahan Liningaan Kecamatan Tondano Timur.

Proses pengangkatan eceng gondok tersebut di Kelurahan Tolour dan Liningaan, Pemkab Minahasa menggunakan excafator untuk mengangkat ribuan ton eceng gondok yang sejak sebulan terakhir menutupi DAS Tondano, yang berakibat terganggunya aktifitas para nelayan mencari ikan di Danau Tondano.

” Secara keseluruhan ada tiga excafator yang diturunkan untuk mengangkat eceng gondok. Targetnya tiga bulan kedepan, DAS Tondano bersih dari eceng gondok,” ujar JWS

Selain di DAS, Bupati JWS mengatakan pengangkatan eceng gondok juga dilakukan di sejumlah zona lainnya di danau Tondano. Hanya memang ada sejumlah warga yang menolak eceng gondok diwilayahnya diangkat, karena diklaim akan mengganggu ikan yang dipelihara.

“Jadi solusinya kita buat zonasi, daerah mana yang masyarakatnya tidak menolak dan kita angkat, sehingga secara umum tidak mengganggu aktifitas nelayan lainnya,” pungkas Bupati JWS.

Sementara itu, warga di Kelurahan Tolour mengaku gembira, karena akhirnya eceng gondok diwilayahnya sudah mulai di angkat. seperti diungkapkan sejumlah masyarakat di kawasan DAS tondano, bahwa upaya Pemkab Minahasa ini harus diapresiasi dan disyukuri atas komitmen membersihkan DAS Tondano maupun Danau Tondano dari tanaman hama ini. (davyt)