Penentuan Bakal Calon Partai NasDem  Prioritaskan Hasil Survei

Penentuan Bakal Calon Partai NasDem Prioritaskan Hasil Survei

SULUTDAILY|| Manado – Mekanisme penjaringan bakal calon (balon) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan dilakukan melalui survei.

Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulut, Victor Mailangkay mengungkapkan, partai Nasdem tetap harus mengikuti prosedur yang ada.

“Setiap balon peserta perlu harus ada survei terlebih dahulu. Sebelum di bawah ke DPP, mereka yang mendaftar disurvei dulu,” ungkap Wakil Ketua DPRD Sulut tersebut, baru-baru ini.

Menurutnya, DPW tugasnya hanya menjaring figur-figur untuk mendaftar. Hanya saja semuanya tergantung putusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasdem. “DPW Nasdem hanya menjaring Balon saja, finalnya ada di DPP,” tuturnya.

Mereka yang sudah memenuhi persyaratan ketika mendaftar, nama-namanya akan diteruskan ke DPP. Nantinya di sana akan dipanggil untuk juga diwawancarai dan diminta menandatangani pakta integritas.

“Sejauh ini belum ada di internal kader Nasdem yang mendaftar sampai tanggal 10 Desember. Kami menerima berkas yang memenuhi syarat, kalau tidak memenuhi syarat tidak akan diterima,” kuncinya.

Terpisah, Sekretaris Tim Penjaringan Nasdem Sulut, Edwin Assa menyampaikan, sistem di Nasdem ketika ini berlangsung akan ada survei dari lembaga yang independen. Supaya ada pemetaan secara jelas siapa figur-figur populis di Sulut.

“Itu hanya salah satu syarat dan akan ada pertimbanhan di DPP soal siapa yang akan diusung nanti. Tapi putusannya ada di DPP untuk pertimbangan,” ungkapnya.

Edwin menyebutkan, Tetty Paruntu adalah sosok pemimpin daerah dengan hasil-hasil yang dicapainya. “Tapi ini akan dipertimbangkan DPP yang akan dominan itu adalah survei,” tuturnya.

Soal banyak kader potensial di Nasdem dirinya mengungkapkan, tetap mengikuti ketetapan DPP. Nasdem harus membuka kesempatan kepada semua yang memiliki kemampuan.

“Semua tergantung pada kesenangan masyarakat, itu tercermin pada survei. Kader memang punya nilai lebih. Tapi seperti kita hanya ikuti arahan Ketum Surya Paloh,” kuncinya. (TM)

CATEGORIES
TAGS
Share This