Pemkab Mitra Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Covid-19

PEMERINTAH Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) melalui Bupati James Sumendap, SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, terus bergerak melakukan sejumlah langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut. Dikatakan Bupati James Sumendap, sejak Covid-19 ini mulai mewabah bahkan menjadi pandemic tidak hanya di Indonesia bahkan hampir diseluruh dunia, Pemkab Mitra dengan seluruh kekuatan yang ada langsung bergerak cepat melakukan berbagai upaya pencegahan untuk memutus mata rantau penyebaran voronavirus disease atau Covid-19 di wilayahnya.

Adapun kata Bupati James Sumendap berbagi langkah yang dilakukan pihaknya memutus penyebaran virus jenis baru yang menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang belum teridentifikasi sebelumnya pada manusia, mulai dari melakukan sosialisasi pencegahan, penyemprotan disinfektan, memperketat penjagaan serta pemeriksaan diseluruh pintu masuk perbatasan Mitra, dan lainnya. “Pemkab Mitra bersama seluruh rakyat akan berjuang dan berperang semaksimal mungkin melawan Covid-19. Untuk itu kita akan terus memperketat aktivitas orang yang keluar masuk Mitra, serta terus mengingatkan masyarakat untuk selalu disiplin dengan tetap tinggal di rumah, rajin mencuci tangan, jaga jarak, serta menggunakan masker saat bepergian,” tegas Sumendap.

Diketahui, Covid-19 berasal dari Cina dan merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS. Adapun masa inkubasi virus ini yaitu 2 hari sampai 14 hari setelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan bahkan kematian. Melihat perkembangan kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia, berikut beberapa anjuran, larangan dan hal penting yang perlu kita ketahui dan lakukan bersama untuk mencegah terjadinya penularan di wilayah Kabupaten Minahasa Tenggara:

ANJURAN:

  • Makan makanan bergisi, minum air yang cukup, konsumsi vitamin (Vitamin C) penambah daya tahan tubuh dan rajin olah raga untuk menambah imunitas tubuh.- Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20-40 menit. 
  • Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20-40 menit. 
  • Bersihkan benda benda yang sering anda sentuh dengan menggunakan cairan desinfektan.
  • Gunakan masker nika anda sakit. 
  • Jika batuk/bersin tutup mulut dan hidung dengan tisu/siku bagian dalam.
  • Segera menghubungi Puskesma/RS terdekat melalui telpon jika anda sakit dan memiliki riwayat perjalanan dari wilayah terjangkit atau riwayat kontak dengan pasien positif COVID-19 dan siapkan kartu mewaspadaan kesehatan.
  • Mengumpulkan informasi sebanyak banyaknya tentang perkembangan COVID-19 melalui sumber sumber terpercaya.

LARANGAN:

  • Dilarang melakukan kontak/sentuhan dengan orang lain (misalnya jabat tangan, cipika cipiki, dll).
  • Menyentuh (dengan tangan) benda benda yang berpotensi sebagai media penularan (misalnya ganggang pintu). (Advetorial)

CATEGORIES
TAGS
Share This