Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, December 13, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Manado » Peluang SH Sarundajang jadi Capres Partai Demokrat Kandas

Peluang SH Sarundajang jadi Capres Partai Demokrat Kandas 

SH Sarundajang Gagal jadi Capres Demokrat

Hasil Survei Pakar (Profesor) SHS Berada di bawah Nilai Ketercukupan

SULUTDAILY|| Manado- Peluang Gubernur Sulut SH Sarundajang dalam pertarungan di Konvensi Capres Partai Demokrat akhirnya kandas. Dalam laporan hasil survei Pakar (Profesor) bertajuk “Mengukur Kualitas Personal Para Kandidat Capres-Cawapres 2014” yang dibuat Pol-Tracking Institute, Minggu (23/3/2014) peserta konvensi  Dahlan Iskan, dan Anies Baswedan dinilai lebih unggul dari sisi kualitas dan komptensi dibanding 9 peserta lainnya.

Direktur Eksekutif Pol-Tracking Institute, Hanta Yuda AR mengungkapkan dari 11 peserta konvensi Capres PD, Dahlan Iskan memiliki nilai tertinggi dari sisi kualitas dan kompetensi dengan nilai 6,97, disusul Anies 6,61. Sementara Gita Wirjawan mendapat nilai 6,18, Marzuki Alie 6,18, Endriatono Sutarto 6,09 dan Pramono Edhie Wibowo 6,04. Sedangkan keempat peserta lainnya, Dino Patti Djalal 5,93, Irman Gusman 5,88, Hayono Isman 5,81, Ali Masykur Musa 5,69 dan Sinyo Sarundajang 5,51 berada di bawah nilai ketercukupan 6, meskipun relatif tipis.

Sebelumnya, Ketua Pusat Pengembangan Stratefi dan Kebijakan (PPSK) Partai Demokrat, Ulil Abshar Abdalla menilai pengerucutan jumlah peserta konvensi akan mampu lebih meningkatkan elektabilitas PD sampai 15 persen sesuai dengan target Partai. Menurut Ulil, kalau sekarang perhelatan konvensi dengan 11 peserta sudah mampu menyumbang pertumbuhan elektabilitas PD menjadi 10,4 persen seperti survei SMRC.

Senada dengan itu, Ketua bidang hubungan internasional PD Kastorius Sinaga  mengatakan pengkerucutan peserta konvensi Capres PD dari 11 peserta menjadi tiga peserta harus segera dilakukan paling tidak sebelum Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April mendatang. “Kita sangat optimis, dengan mengkerucutkan maka kepastian tentang tokoh yang diusung PD itu akan memudahkan Demokrat untuk memasarkan calon pemimpinnya kepada publik,” ungkap Sinaga di Cikini, Jakarta, Jumat (21/03/2014) pekan lalu.

Tiga besar peserta konvensi yang memiliki elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil Survei-survei adalah Dahlan Iskan, Pramono Edhie Wibowo dan Gita Wirjawan.’’ Tiga besar ini bisa dijadikan peserta final konvensi PD,’’kata Sinaga. (detik/tribunnews/JbR)