Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, December 16, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Peduli Lingkungan, Pemkab Mitra Canangkan Gerakan Jumat Bersih

Peduli Lingkungan, Pemkab Mitra Canangkan Gerakan Jumat Bersih 

_IMG_000000_000000

SULUTDAILY, Ratahan – Peduli lingkungan, Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra) lewat Bupati James Sumendap SH, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs.Robby Ngongoloy SE,MSi, memimpin kegiatan jalan sehat sekaligus aksi pungut sampah dengan mengambil start dari lapangan kantor bupati dan finish di rumah dinas bupati, pada Jumat (16/11/2018).

Aksi ini dalam rangka pencanangan Gerakan Jumat Bersih di Kabupaten Minahasa Tenggara. Dimana pada kesempatan itu pula, Sekda didampingi Asisten I Drs.Gotlieb Mamahit dan Asisten III Drs.Piether Owu ME,MSi, beserta Kepala Dinas Lingkungan Hidup dr.Tommy Soeleman menyerahkan secara simbolis SK Bupati tentang pencanangan tersebut, juga sekaligus memberikan peralatan kebersihan kepada masing-masing perwakilan Perangkat Daerah, Dharma Wanita, TP PKK, pihak TNI/Polri, kalangan swasta, Perbankan, Ormas, LSM, Wartawan serta Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Mitra.

Ketika membacakan sambutan bupati, Sekda Ngongoloy mengatakan program pencanangan tersebut merupakan pelaksanaan kegiatan jumat bersih secara serentak di kabupaten Mitra, dengan tujuan membersihkan lingkungan dari sarang nyamuk yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit serta sekaligus menanggulangi permasalahan sampah agar tidak berdampak negatif bagi kesehatan.

“Ini juga bagian dari menunjang program pemkab terkait penilaian adipura kategori kota kecil di Mitra. Dan menjaga kebersihan lingkungan merupakan cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan saat ini. Jadi, yang harus kita perhatikan adalah cara membuang sampah sesuai kategorinya, serta juga tak kalah penting launnya perhatian kita akan saluran air dan sungai agar selalu bebas dari sampah. Disamping itu, menanam pohon, melestarikan hutan dan tidak membuang maupun membakar sampah sembarangan atau bahkan gerakan sekecil apapun itu merupakan hal penting dalam menjaga lingkungan kita agar tetap bersih,” tukas Ngongoloy.

Pemkab Mitra menghimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam program tersebut. Gotong royong dan perhatian secara terus menerus akan berdampak baik bagi lingkungan seluruh warga itu sendiri, sehingga dalam beraktifitas dapat maksimal. Pemerintah pun mengajak para warga agar saling mengingatkan dalam mencintai dan menjaga halaman sekitarnya, dimana tindakan nyata jauh lebih baik guna kenyamanan dan kebersihan lingkungan. (Hengly Langoy)