Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, September 23, 2018
  • Formulir Kelengkapan Persyaratan Administrasi Dapat Di Unduh Pada http://kpu-sulutprov.go.id
  • PENGUMUMAM PENDAFTARAN CALON ANGGOTA KPU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA PERIODE 2018-2023
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Minahasa » Pecahkan Rekor MURI, PPDP Minahasa Ikut Andil GCS

Pecahkan Rekor MURI, PPDP Minahasa Ikut Andil GCS 

Pecahkan Rekor MURI, PPDP Minahasa Ikut Andil GCS

SULUTDAILY|| Tomohon – Sebanyak 989 PPDP Kabupaten Minahasa turut Andil Pecahkan Rekor MURI bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, dalam melaksanakan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) serentak bersamaan daerah lainnya di Indonesia, (20/1/2018).

Pelaksanaan ini dilaksanakan pada daerah yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, dalam hajatan bertajuk Gerakan Coklit Serentak (GCS). Hasil pencapaian GCS dengan target minimal 5 KK/PPDP tersebut berhasil memecahkan Rekor MURI jumlah Pemilih terbanyak yang didata dalam sehari coklit serentak.

Coklit atau pencocokan dan penelitian daftar pemilih ini merupakan hal yang mendasar yang menentukan data pemilih yang berkualitas nantinya. Untuk Minahasa sendiri dikunjungi langsung oleh DR Ardiles M R Mewoh SIP MSi selaku Komisioner KPU Provinsi Sulut yang juga Ketua Divisi Hukum KPU Provinsi Sulawesi Utara.

Mewoh memimpin langsung apel kesiapan GCS di Kantor KPU Minahasa dan setelah itu melihat langsung proses Coklit bersama Ketua KPU Minahasa Meidy Yafeth Tinangon SSi MSi dan jajarannya.

Menurut Mewoh, kegiatan seperti hal ini selalu dilaksanakan di setiap Pemilu, yaitu Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih,
sebab Coklit saat ini dikemas KPU supaya menjadi even yang lebih monumental, juga menjadi sarana sosialisasi bagi masyarakat.

“Kita melakukan secara serentak Nasional bagi yang akan melaksanakan pemilihan dan setiap penyelenggara pemilu memiliki target yang bisa di Coklit dan tahapan ini perlu diperhatikan oleh semua pihak, terutama dari KPU Pusat hingga PPDP,” kata Mewoh sembari menegaskan PPDP sendiri dalam hal ini adalah ujung tombak.

Dijelaskannya, sukses tahapan tergantung dari Daftar Pemilih yang berkualitas dan program ini berlangsung sebulan sejak tanggal 20 Januari hingga 18 Februari 2018, serta diharapkan tidak ada yang terlewati maupun masyarakat juga diminta pro aktif apabila belum sempat dikunjungi untuk melapor kepada PPDP agar semuanya dapat terdata.

Sementara itu, Ketua KPU Minahasa Meidy Tinangon mengatakan hampir seribu PDDP Minahasa dapat mencoklik 5 Kepala Keluarga, serta dilanjutkan sepanjang masa Coklit hingga 18 Februari.

“PPDP harus mendata sesuai dengan ketentuan yang berlaku atau sesuai dengan teknis pelaksanaan. Atas sukses hari ini, kami mengapresiasi kinerja PPDP yang didampingi PPS dan PPK,” ungkap Tinangon. (davyt)