Nama SHS Sudah Lama ‘Disimpan’ SBY

SULUT DAILY|| Manado-  Masuknya nama Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo Harry Sarundajang sebagai peserta Konvensi Calon Presiden (capres) Partai Demokrat (PD), rupanya merupakan permintaan khusus Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut sumber Partai Demokrat , Nama SHS masuk dalam daftar figur yang diundang mengikuti Konvensi Demokrat karena SBY sendiri yang meminta. “Namanya (SHS) sudah lama ‘disimpan’ SBY, jauh sebelum komite konvensi dibentuk.  ” kata sumber tersebut.

Mantan Pejabat Gubernur Maluku dan Maluku Utara, diundang karena dinilai SBY sebagai sosok gubernur terbaik yang berprestasi. “Waktu itu presiden menyatakan, hadirnya nama Sarundajang akan menjadi kejutan konvensi,” ujarnya.

Sarundajang telah menerima undangan resmi ikut Konvensi Capres PD. Surat bernomor 12/B/Komite/VIII/2013 yang ditandatangani Ketua Komite Konvensi Mohammad Maftuh Basyuni dan Sekretaris Suaidy Marasabessy bertanggal 23 Agustus 2014, diterima SHS pada Sabtu siang.

SHS berterima kasih atas kepercayaan Partai Demokrat. “Ini bentuk penghargaan terhadap saya sekaligus warga Sulawesi Utara,” tutur Sarundajang sebagaimana dikutip Staf Khusus Gubernur Sulut Bidang Komunikasi Publik Michael Frankwin Umbas.

Sarundajang menyatakan siap ikut konvensi, sambil memohon dukungan dan doa restu masyarakat Indonesia. Khususnya warga Bumi Nyiur Melambai. “Mohon doa restu dan dukungannya. Ini adalah penghargaan sekaligus tantangan bagaimana menjadi bagian dari tanggung jawab besar untuk memimpin bangsa,” paparnya.

Sebagai persiapan mengikuti konvensi, Sarundajang menyiapkan visi dan misi dalam konvensi nanti. “Sedang disusun. Pak Gubernur akan membawa tema khusus soal bagaimana membawa negara dan bangsa ini ke depan. Spesifiknya nanti disampaikan kemudian,” jelas Umbas.

Munculnya nama Sarundajang cukup mengejutkan, mengingat ia satu-satunya tokoh yang bisa jadi representasi Indonesia Timur. Melihat rekam jejak sebagai birokrat paripurna dan politikus berpengalaman, Sarundajang layak ikut konvensi.

Berbagai dukungan langsung datang. Misalnya, dari Menteri Koperasi UKM yang juga Ketua Harian PD Syarief Hasan. Ketika berkunjung ke Sulut dalam rangka Hari Koperasi, Kamis (22/08/13) lalu, Syarief mengaku siap jadi tim sukses Sarundajang.

Dukungan Hasan berpangkal pada seabrek prestasi yang ditorehkan Sarundajang selama memimpin Sulut. Salah satunya, pertumbuhan ekonomi Sulut di atas pertumbuhan ekonomi nasional. “Daerah ini memberi kontribusi nyata pada naiknya perekonomian negara. Itu tak lepas dari ‘tangan dingin’ seorang Sarundajang,” beber suami Inggrid Kansil, kala berbicara dalam jamuan makan malam di rumah dinas Wagub Sulut.

Sarundajang akan bersaing dengan belasan figur peserta konvensi lain. Di antaranya, mantan Ketua MA Mahfud MD, KASAD Jenderal TNI Pramono Edhie, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Ketua DPD Irman Gusman, Dubes RI untuk AS Dino Patti Djalal, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Endriartono Sutarto, Ketua DPR Marzuki Alie, dan Gubernur Jatim Soekarwo. (tribun/jbr)

TAGS
Share This