Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Wednesday, December 13, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Mitra Tuan Rumah Peringatan HKN Ke-53

Mitra Tuan Rumah Peringatan HKN Ke-53 

_IMG_000000_000000

SULUTDAILY, Ratahan – Suatu penghargaan dan kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), karena menjadi tuan rumah puncak pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 tahun 2017 Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Bupati Mitra, James Sumendap SH, menjadi pemimpin upacara peringatan HKN dengan mengambil tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” yang diselenggarakan di Vila Lamet, Ratahan, Selasa (4/12/2017).

Dalam sambutannya, Bupati berterima kasih serta mengapresiasi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey SE, dimana kabupaten Mitra dipercayakan menjadi pusat pelaksanaan HKN 2017 dan turut hadir dalam upacara tersebut. Sebagai inspektur upacara, yang membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Bupati mengatakan, tema Peringatan HKN kali ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat (PIS) serta Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) yang menempatkan keluarga sebagai bagian penting dalam membentuk masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Mitra menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Gubernur, karena hari ini Mitra dipercayakan jadi pusat peringatan HKN untuk Provinsi Sulut. Adapun Pak Gubernur, berkaitan dengan HKN, Pemkab Mitra baru memperoleh predikat Kabupaten Sehat, yang diterima dan diserahkan Meteri Kesehatan RI. Terlebih juga saya harapkan, lingkungan keluarga memberikan dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku, dan gaya hidup yang sehat. Oleh karena itu, membudayakan hidup bersih dan sehat harus dimulai dari keluarga,” papar Sumendap.

Sumendap menambahkan, dalam rangka menyukseskan PIS dan GERMAS melalui pendekatan keluarga ini, Kemenkes telah mengeluarkan Permenkes 39/2016 tentang pedoman penyelenggaraan Indonesia Sehat. Dalam amanatnya, juga mengurai tentang pentingnya melibatkan berbagai elemen masyarakat lintas sektor dalam rangka pembangunan kesehatan yang diwadahi oleh Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

“Dengan mendorong PIS menggunakan pendekatan keluarga dan GERMAS, kita berupaya membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya.” ujar Sumendap.

Akhir acara, Bupati James Sumendap SH, mengajak segenap jajaran kesehatan senantiasa menggelorakan semangat revolusi mental melalui penghayatan dan pengamalan tiga nilai utama yakni integritas, kerja keras, dan gotong royong untuk mencapai masyarakat sehat, mandiri, dan berkeadilan. (Hengly Langoy)