Michinoeki Tomohon Digenjot Melalui Seminar

Michinoeki Tomohon Digenjot Melalui Seminar

SULUTDAILY|| Tomohon – Upaya memaksimalkan kerjasama Pemerintah Kota Tomohon dengan Pemerintah Kota Minamiboso (Jepang), digelar Seminar Strategi Pemasaran Michinoeki (Stasiun Jalan) Kota Tomohon, (16/1/2020) di Hotel Villa Emitta Tomohon.

Seminar ini menghadirkan Pemerintah Kota Minamiboso (Jepang) Mr Fumio Kato (Biwa Club/JICA), Ms Michiko Takahashi (Coordinator Consultant), Mr Tsujigaki (Architec Consultant), Ms Hamada (Consultant), Mr Shoda (Interior Consultant), BAPPEDA Sulawesi Selatan DR Rudy Djamaluddin bersama tim, Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy J Sundah SE, dengan peserta berasal dari stakeholder Pemilik Usaha Ekonomi Kreatif, serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Tomohon.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak CA dalam sambutannya mengatakan pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal dasar yang dapat menghubungkan satu daerah dengan daerah lain dengan cepat dan mudah. “Dengan semakin baiknya infrastruktur jalan maka diperlukan lokasi-lokasi yang dapat menjadi tempat peristirahatan yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang berkualitas,” ujar Eman.

Disampaikan pula, Michinoeki atau Stasiun Jalan di Kota Minamiboso Jepang bertujuan untuk mengembangkan komoditas-komoditas unggulan dari daerah tersebut. “Dalam perkembangannya, stasiun jalan ini kemudian berkembang menjadi lokasi rest area dan pusat perdagangan hasil pertanian. Prinsip-prinsip dari pembangunan Michinoeki adalah menyediakan fasilitas untuk beristirahat (refresh), komunitas (community) dan pelayanan informasi (information) sebagai konsep kerjasama pemerintah dengan swasta dan masyarakat berperan secara independen dalam pengelolaannya” jelas Eman.

Ditegaskan, pemerintah menyiapkan sarana dan prasarana penunjangnya, sedangkan peran masyarakat antara lain dalam penyediaan layanan seperti stand yang menjual produk-produk lokal seperti produk pertanian, makanan tradisional, kerajinan, barang kebutuhan pengendara selama dalam perjalanan dan lain-lain sebagainya. Konsep Michinoeki oleh Kota Minamiboso Jepang inilah yang kemudian diadaptasikan untuk stasiun jalan Kota Tomohon yang memiliki potensi tanaman hias dan sayuran organik.

“Menindaklanjuti kerjasama antara Pemerintah Kota Tomohon dengan Pemerintah Kota Minamiboso yang difasilitasi oleh Kementerian Pertanian RI dan JICA untuk pembangunan stasiun jalan/Michinoeki Kota Tomohon, pemerintah akan menkongkritkan pelaksanaan pembangunan stasiun jalan ini dan diharapkan dapat selesai tahun 2020 ini, sehingga memohon dukungan dari masyarakat,” harap Eman. (davyt)

CATEGORIES
Share This