Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, October 22, 2017
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Manado » Menteri Luhut Kunjungi Sekretariat Regional CTI-EFF

Menteri Luhut Kunjungi Sekretariat Regional CTI-EFF 

Menteri Luhut Kunjungi Sekretariat Regional CTI-EFF

SULUTDAILY|| Manado-  Ketua Konas CTI -CFF Indonesia yang  di jabat  oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersama Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengunjungi Kantor Sekretariat Regional CTI CFF Manado jumat ( 07/04/2017).

Dalam kunjungan kali ini Menteri Luhut menegaskan kembali dukungan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman  atas pentingnya upaya-upaya  nyata di lapangan terkait  konservasi kelautan , perikanan berkelanjutan dan ketahanan pangan yang dilakukan oleh organisasi  multilateral CTI -CFF dengan pembangunan ekonomi kemaritiman di indonesia.

” pada dasarnya tujuan kegiatan CTI -CFF kurang  lebih sejalan dengan program -program pembangunan ekonomi maritim kita, misalnya pengelolaan sampah dan pengurangan plastik debris serta pengembangan industri strategis bidang kemaritiman berkelanjutan” , terang Menko Luhut.

Ditambahkan Menko Luhut, isu yang menjadi sentral  di dunia adalah sampah dan  Indonesia negara urutan kedua penyumbang sampah setelah china .  Hampir semua pelabuhan di indonesia  tidak bersih untuk itu musti diadakan  pembersihan setiap pelabuhan dan sungai – sungai  dan harus ada kesadaran mulai dari lingkungan kita sendiri .  ” Perlu diingatkan kepada masyarakat Indonesia.  Plastik di makan oleh ikan  ini bahaya untuk kesehatan kita terutama pada ibu-ibu hamil bisa menggangu janin yang di kandungan”  kata Menko Luhut.

Menko Luhut meminta Gubernur Olly untuk mensosialisasikan masalah kebersihan di gereja dan mesjid dan kepada masyarakat , bagaimana turis mau datang kalau lingkungan tidak bersih, turis destination bisa hancur .

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey  mengatakan memgenai masalah sampah dan penangananya pemerintah sulut telah mencanangkan gerakan Malendiong bersih bunaken, pembersihan Laut,  DAS  ( Daerah Aliran Sungai ) yang menjadi agenda rutin dari  pemerintah provinsi. “Sekarang ini saya telah mengutus Wakil Gubernur  ke Denmark untuk mempelajari pengelolaaan sampah menjadi sumber energi yang ramah lingkungan”.  Kata Gubernur Olly .

Sementara itu Direktur Eksekutif CTI-CFF Widi A Pratikto PhD menyambut baik kedatangan bersejarah Menko Luhut, yang baru pertama kali berkunjung di gedung sekretariat Regional CTI -CFF,  karena peran indonesia sangat penting di kawasan Segitiga Karang sebagai pendorong kegiiatan konservasi maupun kerjasama di bidang kelautan untuk perkembangan ekonomi kemaritiman berkelanjutan antar negara CTI-CFF, kata Widi.

” Hal lain yang  juga penting adalah komitmen indonesia dalam memerangi sampah plastik yang bermuara ke laut dan menjadi perhatian Menteri Luhut dalam kapasitas sebagai Ketua Konas CTI -CFF”,  terang Widi.

Dalam konteks koordinasi ini sekretariat konas  telah melakukan upaya -upaya konsolidasi mengatasi masalah sampah plastik dalam bentuk program bersama hal ini mengingat 3 negara anggota CTI-CFF yaitu indonesia ,Filipina, Malaysia menjadi penyumbang sampah plastik yang signifikan menurut survey Jambeck (2015), kata Widi.

Sebagai koordinator di kawasan segitiga karang  Secretaiat Regional.CTI-CFF memiliki program yang di jalankan bersama  6 negara ( Indonesia, Malaysia,Filipina,Papua Nugini,Salmon Island dan Timor Leste ) diantaranya tata ruang laut, pengelolaaan perikanan, berbasis ekosistem, kawasan kinservasi pereiran, adaptasi perubahan iklim, dan perlindungan spesies terancam. (Jr/Hp)