Informasi Terkini Sulawesi Utara - Media Online Sulut|Sunday, June 24, 2018
  • JW Digital Printing Cetak Baliho Dengan Harga Rp.30.000/meter..Materi Baliho Kirim di WA:081340733991 ..Design Gratis!!
  • Jual Tanah di Jalan.SEA, Sertifikat Hak Milik, Luas Tanah 2.777M2. Tertarik : Hub.081 340 733 991
Anda disini: Home » Berita Sulut » Manado » Menjawab Tantangan Konvergensi Media, 43 Media Online Bentuk IWO Sulut

Menjawab Tantangan Konvergensi Media, 43 Media Online Bentuk IWO Sulut 

Menjawab Tantangan Konvergensi Media, 43 Media Online Bentuk  IWO Sulut

SUASANA tenang sejenak, tiga pimpinan media online pemegang mandat Jeane Rondonuwu S.Sos (Sulutdaily.com), Victor Rarung SE (Manadonews.co.id) dan Ferlyando Sandala (Mediasulut.com) beranjak dari meja pimpinan sidang mengambil tempat di tengah para peserta yang sudah siap dengan formulir anggota dan pena ditangannya.

Pembentukan IWO Sulut ditandai dengan penandatanganan formulir anggota

Pembentukan IWO Sulut ditandai dengan penandatanganan formulir anggota

Kemudian riuh kegiranganpun terdengar menggema memecah seluruh kegalauan media online selama ini. Bubuhan  tandatangan 53  wartawan online (43 peserta dan 10 peninjau) telah menandai pembentukan Ikatan Wartawan Online (IWO) Provinsi Sulawesi Utara di Sahid Kawanua Hotel, Selasa (13/06/2017).

Pembentukan IWO SulutSeluruh peserta berharap,  terbentuknya IWO Sulawesi Utara mampu menjawab tantangan konvergensi media saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi digital yang dimungkinkan dengan adanya konvergensi jaringan telah menempatkan media online menjadi terdepan.Meski hal ini belum disadari secara penuh dan masih ada saja yang memandang sebelah mata.

Pemegang Mandat Pembentukan IWO Sulut”Alasan saya mengajukan diri sebagai anggota IWO Sulut adalah untuk mempererat silahturahmi antar sesama media online dan saya berharap dengan adanya organisasi ini, media online tidak lagi dipandang ‘sebelah mata’,” tulis Ardy Lumowa (Seputarsulut.com). ” Saya ingin keberadaan media online diperhitungkan dalam penyebaran informasi,” tulis Robby Mononimbar (Indonewscrime.com).

”Organisasi profesi ini sangat baik untuk dijadikan wadah pemersatu Jurnalis di Sulut,” tulis Yerry Polohoon (Beritamanado.com), Suratman (Jurnalmanado.com), Sonny Tadjure (Bunaken.co.id) dan Simon Siagian (Fajarmanado.com).

Usai membentuk IWO Sulut, Pimpinan Sidang Jeane Rondonuwu melakukan roll call peserta , lanjut Ferlyando Sandala memandu forum untuk membahas tata tertib sidang. Alot, berbobot dan demokratis, demikian nuansa kebatinan yang  dirasakan saat itu.

Aklamasi, Victor Rarung Ketua IWO Sulut

Victor Rarung SE secara aklamasi terpilih sebagai ketua IWO Sulut

Victor Rarung SE secara aklamasi terpilih sebagai ketua IWO Sulut

Forum sidang terasa semakin hangat saat agenda pemilihan Ketua IWO sulut. Apalagi ketika calon Ketua saudara Victor Rarung SE diberi kesempatan memaparkan Visi dan Misinya. Dalam visinya, Victor mengatakan IWO Sulut merupakan wadah pemersatu dan  tempat untuk mempersiapkan insan pers media siber di Sulawesi Utara menjadi yang terdepan dalam era digitalisasi informasi (konvergensi media)

Untuk menggapai visi tersebut, Viktor menjabarkan dalam misinya bahwa IWO Sulut dengan berbagai program yang tepat akan mewujudkan media siber (online) di Sulawesi Utara menjadi media yang faktual, independen dan terpercaya di tengah masyarakat .  Mengembangkan potensi dan kemampuan jurnalis media siber (online) di Sulawesi Utara terhadap bidang Telematika. Mempererat hubungan antara media siber (online), baik dengan pihak pemerintah maupun swasta sebagai mitra kerja
” IWO Sulut akan memperkuat peran organisasi dalam meningkatkan kesejahteraan jurnalis dan insan media siber (online) di Sulawesi Utara. Kesejahteraan jurnlis IWO adalah yang paling urgen,”kata Victor disambut tepukan tangan yang meriah.

Keceriaan usai acaraPuas dengan visi,misi dan komitmen Victor, akhirnya forum sepakat memilih owner media online Manadonews.co.id ini sebagai Ketua DPW IWO Provinsi Sulawesi Utara. ” Terima kasih atas kepercayaan teman-teman. Mari kita besarkan organisasi ini secara bersama-sama, kompak dalam kebersamaan,”ujar Victor .

Forum rapat juga telah memilih dan menetapkan tim formatur yang terdiri dari 5 personil yakni Victor Rarung (Ketua terpilih), Jeane Rondonuwu (Pemegang Mandat), Suratman, Lusy Loindong dan Franny Sengkey  yang dipilih forum sidang. Tim formatur diberi waktu 3 hari untuk  menyelesaikan Struktur Pengurus DPW IWO Provinsi Sulut masa bakti 2017-2022.  Hajatan jurnalis yang diakhir dengan penandatangan berita acara ini memang seru  karena crew celebesnew.id melakukan live event di media onlinenya. (Jr)