Manado Kota Fashionable, Kemenpora Sasar Potensi Anak Muda

Manado Kota Fashionable, Kemenpora Sasar Potensi Anak Muda

Kota Manado memang terkenal sangat fashionable. Fashion sudah menjadi pesona tersendiri bagi warga Manado, namun sayangnya potensi ini tidak diimbangi dengan perkembangan industri fashion lokal. Jika Anda berkunjung ke Manado, sulit menemukan industri tekstil, baik yang disablon, sampai perusahaan garmen.

Rupanya kondisi ini menjadi perhatian serius Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dengan menggelar kegiatan ‘Pelatihan Fashion’/ Pelatihan Peningkatan Kreativitas bersama IKA Unsrat dan Dispora Provinsi Sulut di Aula Fakultas Hukum UNSRAT Manado pada tanggal 25 – 26 Juli 2019.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora Drs. Junaedi, MM

50 pemuda dan pemudi dilatih teknik pembuatan bahan pewarna, mendesain pakaian, teknik memotong dan menjahit untuk meningkatkan pengetahuan di bidang fashion terkait pembuatan pakaian mulai dari proses desain hingga pakaian menjadi sebuah produk fashion yang bernilai tinggi.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda Kemenpora Drs. Junaedi, MM mengatakan sebagai kota yang fashionable, Manado harus memiliki pemuda pemudi yang kreatif di bidang fashion sehingga suatu saat segala jenis model baju akan tersedia di kota ini.

Yohanes Chattam Supardi, Instruktur dari Kemenpora saat memberikan pelatihan

” Saya berharap pelatihan ini menjadi sebuah awal yang baik untuk menumbuhkembangkan minat dan bakat pemuda-pemudi kota Manado di bidang fashion dan mampu meningkatkan pendapatan ekonomi juga berpeluang menjadi potensi pariwisata di kota Manado.

Saat ini program Kemenpora fokus pada sejumlah bidang Kreativitas Pemuda yaitu bidang gratifika, bidang musik dan kuliner, fashion dan film, serta pelatihan di bidang IT yaitu bagiamana membuat star up, dan aplikasi online.

” Tapi paling diminati dan di cari oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yakni fashion, musik dan kuliner agar bisa menghasilkan kewirausahaan,”kata Junaedi.

Yohanes Chattam Supardi, Instruktur dari Kemenpora kagum dan memberi apresiasi kepada peserta pelatihan karena ternyata anak muda Manado menyimpan potensi yang menjanjikan di bidang fashion.

” Saya kagum dan yakin anak muda Manado akan mampu bersaing dengan kota besar lainnya terkait kreatifitas di bidang fashion,” kata Johanes sambil menunjukan hasil desain para peserta.

Yohanes melatih peserta untuk mendesain, membuat pola dan menjahit menjadi produk fashion yang elegan dan berkualitas. Sambil memperlihatan hasil jahitan melalui seorang peserta sebagai modelnya.

Salah satu peserta Million Pangau

Salah satu peserta Million Pangau mengaku sangat beruntung bisa mengikuti kegiatan Kemenpora ini.

” Saya seorang model yang punya hobby mendesain dan menjahit baju yang saya pakai saat fashion show. Pelatihan ini akan menjadi modal saya untuk semakin kreatif dan mungkin kedepan akan meningkatkan hobby saya menjadi sebuah usaha kreatif,”kata Million, modeling asuhan Stunning Management.

Sebelumnya saat pembukaan acara, Senator DPD asal Sulut Ir. Marhani Pua yang juga Ketua Umum IKA Unsrat mengatakan, kegiatan ini dikemas bersama Kemenpora RI dan Fakultas Hukum Unsrat dengan harapan akan banyak Pemuda yang mengerti fashion terutama di kota Manado karena terkait bidang pariwisata di Sulut kian berkembang.

” Kami berharap melalui pelatihan ini muncul pemuda yang inovatif dan kreatif agar bisa bersaing dengan para mode baik ditingkat nasional maupun ke Mancanegara. Di era Revolusi 4.0 kita harus siap,” kata Marhani.

Hasil desain Anak Muda Manado

Dekan FH Unsrat Dr. Flora Pricilia Kalalo SH, MH dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora yang memilih FH Unsrat sebagai lokasi kegiatan. Anak muda Manado dan mahasiswa FH Unsrat banyak yang sudah berprestasi karena memiliki Inner Beauty. Pelatihan Fashion akan semakin menambah kreativitas di bidang fashion.

” Kami memiliki Putra Putri Hukum Unsrat dan mereka cukup fashionable. Menjadi peserta dalam pelatihan ini akan mengasah pengetahuan mereka tentang fashion dan saya berharap kelak siapa tahu ada yang menjadi salah satu desainer terbaik,” kata Dekan Flora dengan senyum khasnya. (Jr

CATEGORIES
TAGS
Share This